Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Jan 13, 2016

Tips Perjalanan Sendiri (Solo) Ke Luar Negeri yang Aman Dan Murah

Anda bercita-cita mengunjungi suatu tempat tujuan wisata sudah lama. Akan tetapi belum kesampaian karena tidak ada yang menemani. Kadang-kadang Anda memiliki keinginan jalan-jalan ke suatu tempat tertentu,  tetapi teman anda memiliki keinginan yang berbeda. Bila anda memiliki kesempatan jalan-jalan, teman anda tidak bisa karena tidak punya waktu. Ketika Anda memiliki jatah cuti dan juga simpanan tabungan untuk jalan-jalan, hal tersebut sulit dimiliki teman Anda. Ujung-ujungnya hanya Anda yang bisa jalan-jalan. Sebaiknya jangan biarkan keinginan Anda terbendung. Seperti kata orang 'Kapan lagi?' Jangan biarkan keinginan tertunda meskipun harus bepergian sendiri. Berikut beberapa tips bepergian sendiri atau solo ke luar negeri dengan aman dan murah :
1. Bahasa.
Ketika Anda bepergian ke negara lain, biasanya tantangan yang terbesar adalah bahasa. Usahakan agar bisa mengetahui beberapa kata patah dalam bahasa lokal negara tujuan liburan. Kata-kata seperti 'apa kabar, terima kasih, anda sangat baik' dapat mencairkan suasana sehingga membuka komunikasi yang memiliki bahasa yang berbeda. Kata-kata penting lainnya yang perlu anda ketahui terkait dengan petunjuk arah. Hal ini penting sekiranya anda butuh petunjuk arah ke suatu tempat. Jangan lupakan mempelajari penyebutan angka agar anda dapat berbelanja dan menawar dalam bahasa lokal. Walaupun mentok-mentoknya anda bisa menawar dengan kalkulator, tapi anda akan lebih dihargai bila berhubungan dengan penjual yang hanya bisa berbahasa lokal.
tanda entrance bahasa turki
Bahasa Turki
Untuk anda yang berniat mempelajari bahasa tujuan destinasi anda, anda bisa membeli buku bahasa yang berisikan percakapan praktis. Atau mendownload aplikasi bahasa percakapan praktis dari hp Anda. Cari aplikasi bahasa yang bisa dipakai secara offline. Praktekkan dengan pengucapan secara perlahan-lahan.
Bila anda tidak berminat mempelajari bahasa setempat atau tidak ada waktu, Anda bisa memakai bahasa Inggris. Biasanya anda akan menemukan seseorang yang membantu Anda. Paling akhir bila anda tidak dapat menyampaikan bahasa dengan kata-kata, pakai saja ekspresi dan bahasa tubuh (body language). Penyampaian yang tepat biasanya membuat orang lain dapat mengerti walaupun tanpa kata-kata.

2. Tersesat.
Kadang tersesat merupakan bagian menyenangkan dari perjalanan. Tersesat di negara orang lain mungkin hal terburuk yang Anda pikir akan dialami. Tetapi percayalah itu ialah hal yang biasa dialami turis manapun. Tetap yakin dan percaya diri, anda akan menemukan kembali tempat tujuan perjalanan anda.
Berikut tips agar Anda masih aman dan tetap bisa kembali walaupun tersesat :
a. Bawalah kartu nama tempat Anda menginap. Jika tidak ada kartu nama, catat alamat akomodasi pada note di hp atau di kertas. Hal sama juga bila menginap di rumah teman, jangan lupa mencatat alamat dengan bahasa setempat.
b. Gunakan peta atau peta digital sehingga Anda bisa mengetahui di mana Anda berada. Jika Anda tidak memiliki peta dan tidak yakin dengan koneksi internet di tempat yang Anda kunjungi, persiapkan peta destinasi dengan mengunduh dan mencetak dari sumber bahan internet.
Jika anda tetap dapat terkoneksi dengan internet, Anda dapat menjalankan aplikasi peta, dan penerjemah selama perjalanan.
Anda juga bisa membeli peta dari buku-buku panduan travel. Buku-buku tersebut biasanya diupdate secara berkala untuk memperbaharui informasi tujuan wisata yang tersedia.
3. Budaya.
Pada umumnya penduduk setempat di suatu negara yang akan anda kunjungi memaklumi bila anda tidak mengerti budaya mereka sehingga bisa saja berlaku salah. Akan tetapi, tentu saja Anda tidak mau melanggar batas toleransi mereka. Sebaiknya sebelum bepergian, pelajari sekilas budaya setempat. Budaya seputar hal-hal yang menjadi pantangan dan tidak boleh dilakukan sebaiknya diketahui dan dipatuhi. Misalnya, jika liburan ke Thailand, jangan mengacungkan salam tiga jari di jalan. Saat ini Thailand dipimpin oleh Junta militer, jadi salam tiga jari tersebut dapat diinterpretasikan sebagai salam pemberontakan. Jika masuk ke tempat ibadah, ikuti apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan di tempat tersebut. Jika ke Jepang, jangan buang sampah sembarangan, karena penduduknya mementingkan kebersihan. Jangan tertawa keras-keras dan berteriak-teriak di area publik seperti di kereta, jalan, dll karena mereka biasanya berbicara dengan suara rendah di area publik.
4. Packing.
Usahakan membawa barang seperlunya saja, lakukan packing dengan ringan dan ringkas. Dengan tas koper atau bagasi yang lebih ringan dan ringkas, Anda akan lebih mudah dan lebih gesit dalam perjalanan. Bila tas anda ringan, Anda bisa menarik-narik koper anda pada saat naik bis atau kereta sehingga menghemat uang dibandingkan dengan naik taxi.
Berikut beberapa tips agar tas koper berisi muatan yang lengkap, ringan dan ringkas.
a. Cek suhu dan cuaca di daerah tujuan liburan. Bila sudah, sesuaikan dengan barang-barang yang perlu dibawa.
b. Buat daftar barang-barang yang perlu dibawa. Kadang-kadang barang yang tidak terpikirkan sebelumnya, ternyata bisa merupakan barang penting dan baru ingat belakangan.
c. Gunakanlah laundry, jika anda pandang perlu mencuci beberapa pakaian. Terdapat beberapa hostel atau guest house yang menyediakan mesin cuci dan pengering dengan koin sehingga lebih murah. Juga fasilitas menyeterika pakaian. Jika anda tidak mau membayar laundry, anda bisa mencuci dengan mengkucek-kucek pakaian yang ringan dan tipis atau pakaian dalam di kamar mandi.
d. Bawa obat-obatan pribadi karena anda kemungkinan besar susah memiliki akses ke apotik dan rumah sakit di Luar negeri, selain juga kendala bahasa untuk berkomunikasi.
Silakan baca artikel terpisah 'Tips Packing Pakaian Yang Efisien'.

5. Tetap terhubung.
Jangan biarkan keluarga, teman atau pacar kuatir ketika anda bepergian sendiri di negara lain. Usahakan selalu tetap terhubung dan selalu mengabari mereka.
Berikut beberapa tips supaya tetap terhubung dengan orang yang berada di rumah:
a. Untuk mencegah pulsa telepon cepat habis karena biaya roaming internasional, belilah kartu SIM lokal. Periksa secara detail harga dan layanannya serta pengalaman orang lain yang memakai kartu tersebut.
b. Selalu catat nomer-nomer penting, seperti kedutaan besar Indonesia, nomer telepon tempat Anda tinggal dan juga nomer polisi turis.
6. Scam Dan Jebakan Turis.
Salah satu contoh jebakan turis yaitu penjual makanan burung dengan harga tidak wajar.
Cari informasi tentang penipuan atau kejahatan yang sering terjadi di tempat tujuan anda. Tujuan wisata populer paling banyak diincar oleh scammer, pencopet dan penipu.
Kenalilah hal-hal tersebut, karena Anda akan sangat kesulitan jika Anda kehilangan uang, paspor atau barang-barang berharga lain.
7. Kesepian.
Kadang kesepian di jalan tidak dapat dihindari. Jumlah penduduk dunia 7,2 milliar dan semua teman Anda awalnya adalah orang asing. Takut tidak ada teman bicara? Ya, kadang ketakutan sendiri ini diakibatkan oleh gelembung yang menahan kita untuk berhubungan dengan orang lain. Sama seperti Anda, kita manusia adalah makhluk sosial yang perlu berhubungan satu dengan yang lainnya, jadi jika Anda kesepian karena tidak ada teman dalam perjalanan, belajarlah berani membuka diri dan mencoba berteman, anda pasti akan menemukan teman seperjalanan.
Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan teman di perjalanan :
a. Tinggal di Guest house atau Hostel, para backpacker biasanya menjadikan akomodasi jenis ini sebagai pusat utama untuk mencari teman di perjalanan. Kadang-kadang, jika anda tidak menemukan teman yang pas biasanya para pemilik guesthouse atau resepsionis bisa diajak ngobrol jika Anda merasa kesepian atau bosan. Biasanya mereka fasih berbahasa Inggris.
b. Pergi ke daerah Universitas, karena para mahasiswa yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi lebih memiliki pikiran yang lebih terbuka.
c. Pergilah dengan menggunakan kendaraan umum, terutama yang digunakan orang lokal.
Cobalah kenalan dan membuka percakapan terlebih dahulu. Tapi tetap berhati-hati sangat penting. Perlu diwaspadai jika orang yang Anda baru kenal terlampau ramah, apalagi bisa berbicara bahasa Indonesia, bisa jadi mereka hanya mengincar kantong uang Anda.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung