Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 3, 2016

Tips Liburan Membawa Anak Bawah Lima Tahun Atau Balita

Waktu libur bagi anda adalah waktu sangat berharga yang dapat dihabiskan bersama-sama dengan keluarga. Anda tentu saja ingin menghabiskan waktu liburan yang berkualitas dengan pasangan dan anak-anak anda. Walaupun banyak kejadian yang tidak bisa diduga tetapi merancang liburan agar hasilnya menyenangkan perlu dipertimbangkan. Berikut tips berlibur membawa anak bawah lima tahun atau balita :
1. Buat rencana perjalanan yang lebih santai, tidak terlalu padat
Buat itinerary atau rencana perjalanan yang lebih santai. Jangan memaksakan pergi ke sana kemari dalam satu hari. Biasanya balita mudah capek dan membutuhkan waktu-waktu tertentu untuk istirahat.
2. Rencanakan jarak perjalanan yang tidak terlalu jauh
Bepergian dengan moda transportasi baik pesawat, kereta api, ataupun mobil dapat membutuhkan waktu lama, apalagi bila tujuannya jauh. Usahakan melakukan perjalanan dengan empat atau lima jam saja. Balita mudah berasa bosan dan rewel bila berada di perjalanan terlalu lama.
Jika Anda berkendara dengan mobil, jangan lupa membawa car seat. Jika anda memilih melakukan perjalanan dengan kereta api, pilih yang tidak perlu transit kereta atau langsung sampai. Atau jika Anda menggunakan pesawat, Anda sebaiknya lebih dahulu sampai ke bandara agar tidak terburu-buru.

Silakan baca lebih lengkap artikel 'Tips Membawa Bayi Atau Balita Di Penerbangan'.

Apabila bepergian dengan moda transportasi apapun, jangan lupa membawa barang-barang kebutuhan balita di perjalanan seperti popok ganti, pakaian ganti, makanan, snack, mainan dan gadget bagi anak agar tidak rewel selama di perjalanan.

3. Pintar-pintar memilih tujuan berlibur
Anda dianjurkan tidak melakukan perjalanan keliling di banyak negara terlebih dahulu hingga beberapa tahun ke depan. Berpindah-pindah tempat akan menyebabkan balita sulit tidur nyenyak dan merasa nyaman. Jadi sebaiknya, pilihlah satu atau dua destinasi tujuan wisata saja. Perlu diperhatikan pembagian musim terdiri dari 4 musim atau 2 musim di suatu daerah tujuan wisata. Cuaca dan suhu sangat berpengaruh bagi buah hati anda. Usahakan datang ke daerah yang tidak memiliki perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim karena balita rentan terhadap perubahan cuaca.
4. Pilih waktu berlibur yang tepat
Pilihlah waktu berlibur di luar long weekend atau saat liburan sekolah untuk menghindari tempat liburan yang terlalu ramai. Dianjurkan anda sebaiknya mengambil cuti di luar musim puncak liburan, Balita yang berada di tempat yang ramai dan penuh sesak biasanya lebih rewel. Anda juga sebaiknya menghindari tempat yang ramai dan penuh sesak agar meminimalkan risiko bayi/balita Anda tertular penyakit.
5. Untuk Balita yang masih minum ASI, tetap berikan ASI
Jika balita masih minum ASI, usahakan tetap memberikan ASI untuk menjaga daya tahan tubuh balita.
6. Bawa makanan yang biasa dimakan
Bawa makanan saat berlibur seperti yang biasa dimakan balita di rumah. Hindari menu baru karena balita kadang-kadang rewel tentang makanannya. Cek persediaan susu formula, jika tinggal sedikit usahakan bawa tambahan susu. Tetap perhatikan kebersihan makanan dan peralatan makannya, jika anda jajan di luar.
7. Waktu tidur siang
Perhatikan waktu tidur siang balita Anda. Ciptakan kondisi nyaman bagi balita Anda agar bisa beristirahat pada saat berwisata. Balita juga dapat tidur siang di dalam stroller atau gendongan. Sebaiknya anda juga membawa selimut dan bantal yang biasa dipakai anak balita di rumah.


8. Perhatikan kebutuhan-kebutuhan balita
Bila anda berlibur ke daerah musim panas, bawa tabir surya, topi, anti-nyamuk dan baju yang mudah menyerap keringat. Demikian juga bila anda bepergian ke daerah musim dingin, bawa baju hangat kaus kaki, sepatu tebal dan topi. Jangan sampai anak anda kehujanan atau gosong karena sinar matahari langsung. Bawalah pakaian yang praktis dan nyaman untuk si kecil. Kebutuhan lain yang perlu dipersiapkan stroller, gendongan, perlengkapan kesehatan seperti thermometer, dan obat-obatan. Jangan lupa juga untuk membawa mainan kesukaannya.
9. Atur kamar hotel agar nyaman seperti di rumah sendiri
Pilihlah hotel atau tempat menginap yang nyaman untuk anak balita. Hotel yang cocok untuk balita cenderung memiliki suasana yang lebih nyaman dan tidak berisik, bahkan dilengkapi fasilitas day care. Pastikan hotel yang dipilih juga dapat menerima tamu anak bawah lima tahun karena ada beberapa hotel yang tidak menerima tamu anak di bawah usia 12 tahun. Juga pilih kamar hotel yang menyediakan fasilitas dapur, untuk menyimpan berbagai perlengkapan seperti botol susu, tempat makan, termos air panas, susu formula dan lainnya.
Nikmatilah setiap saat berlibur bersama pasangan dan buah hati tercinta anda.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung