Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 6, 2016

Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Banyak orang yang mendengar berangkat naik pesawat, mereka langsung menolak dengan keras. Alasan takut naik pesawat bisa karena takut terjadinya kecelakaan pesawat, takut jatuh, takut ketinggian, tidak nyaman di ruangan tertutup, ada juga yang takut akan serangan teroris. Sehingga orang cenderung mengalami phobia terbang atau aerophobia. Akan tetapi karena tuntutan pekerjaan, anda harus melakukan perjalanan antar negara, yang hanya bisa dilakukan dengan pesawat terbang. Hal ini tentu saja tidak bisa dihindari. Berikut tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat terbang:

1. Tiba lebih awal di bandara. Dibandingkan Anda merasa gelisah atau cemas akan ketinggalan pesawat, lebih baik Anda datang lebih awal ke bandara. Dengan datang lebih awal, Anda akan merasa lebih tenang dan rileks.
2. Berdoa untuk mengatasi rasa takut. Sebelum naik pesawat anda dapat berdoa. Bila anda takut selama penerbangan, anda juga dapat berdoa. Pada saat tiba anda juga dapat bersyukur telah tiba dengan selamat. Anda akan lebih tenang dan rileks selama di perjalanan. Doa selalu dapat memberikan ketenangan hati.

3. Tanamkan di pikiran jika goncangan di pesawat bukanlah suatu hal yang besar. Dalam penerbangan apapun goncangan pesawat biasa terjadi pada saat melintasi udara. Untuk itu anda tidak perlu takut.Goncangan yang terjadi di atas pesawat tentu saja tidak seperti di film-film. Walaupun situasi darurat, sudah ada prosedur yang menangangi hal tersebut. Akibat goncangan, anda harus mengencangkan sabuk pengaman dan kembali ke tempat duduk anda. Goncangan tersebut disebabkan oleh fenomena alam normal yang terjadi karena ada gangguan dalam aliran udara.
4. Tidak usah melihat ke luar jendela pesawat. Pada saat keberangkatan dan ketibaan pesawat, sesuai aturan penerbangan, anda tidak boleh menutup jendela pesawat. Sebaiknya anda memesan posisi duduk anda terlebih dahulu di pesawat. Pilih di tengah atau di gang. Perasaan orang yang takut naik pesawat akan makin campur aduk dan ngeri dengan melihat keluar jendela pesawat.
5. Akuilah ketakutan Anda. Anda dapat mengungkapkan ketakutan anda pada saat pesawat mengangkasa. Bila anda pandang perlu memberitahu pramugari, sehingga mereka bisa memantau kondisi anda, lakukanlah.

6. Alihkan ketakutan anda. Lakukan berbagai hal yang bisa membuat anda rileks sehingga ketakutan anda bisa teralihkan. Selama di perjalanan, anda bisa bermain dengan gadget, mendengarkan musik, menonton film, atau kegiatan apapun yang menyenangkan hati. Tanpa terasa, anda sudah mengalahkan ketakutan anda, dan tiba di tempat tujuan.
Anda bisa menonton film, membaca buku, ataupun mengobrol dengan teman seperjalanan Anda. Anda juga bisa ngemil. Lakukanlah berbagai hal yang bisa membuat waktu berlalu tanpa Anda sadari.
7. Lakukan teknik relaksasi sederhana. Lakukan teknik relaksasi sederhana untuk mengatasi stres karena naik pesawat. Pada saat anda cemas, Cobalah untuk menarik napas secara teratur. Pejamkan mata, dan sadari keberadaan anda. Jika perlu, anda dapat berdoa.
8. Hindari minum kopi yang mengandung kafein. Di dunia kesehatan, kafein merupakan perangsang sistem saraf pusat. Dampaknya keresahan, kerisauan, dan yang awalnya mengantuk jadi terjaga. Bila terakumulasi makin lama dapat menyebabkan insomnia dan dampak negatif lain.
Anda yang takut naik pesawat dapat semakin terdorong merasa cemas dan kuatir dengan minum kopi. Anda bisa mengganti dengan minuman lain tanpa kafein sebelum berangkat atau pada saat di pesawat.
9. Berkonsultasi ke psikolog. Cara terakhir yang dapat anda tempuh, tentu saja berkonsultasi ke pakarnya. Coba berkonsultasi dengan psikolog untuk mengatasi ketakutan anda naik pesawat.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung