Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

May 1, 2016

Apa Saja Tempat Paling Kotor Di Pesawat?

Memang benar maskapai penerbangan telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga armada pesawat tetap bersih, akan tetapi dengan waktu penerbangan yang padat tidak memungkinkan pihak maskapai untuk membersihkan setiap area atau tempat di dalam pesawat di setiap saat.
Anda sebagai pengguna tentu bertanya di mana tempat yang paling kotor di pesawat?
Menurut suatu studi yang dilakukan oleh seorang ahli mikrobiologi dari Travel Math, meja nampan di belakang kursi merupakan tempat bakteri paling banyak berkembang. Di studinya, ahli mikrobiologi tersebut mengumpulkan sampel bakteri di meja nampan dari empat pesawat yang berbeda-beda. Dia menemukan rata-rata 2.155 koloni per unit inci persegi terdapat meja nampan.

Dibandingkan pengambilan sampel pada tombol siram WC di area WC ditemukan hanya terdapat rata-rata 265 koloni per unit inci persegi, sehingga bisa disimpulkan meja nampan merupakan tempat yang paling jorok di pesawat.

Mendukung penelitian yang disebutkan sebelumnya, di situs Drexel Medicine disebutkan tempat yang paling banyak kuman yaitu toilet atau kamar mandi pesawat. Toilet berbagi dengan banyak penumpang merupakan tempat berkembang biak yang paling subur bagi bakteri seperti E. coli.
Para ahli kesehatan menyarankan agar penumpang jangan langsung menyentuh apa pun dengan tangan di daerah wc. Sebaliknya, penumpang disarankan menggunakan handuk kertas (paper towel) saat menyentuh keran atau tutup toilet duduk.
Menurut Drexel, area lain yang perlu dihindari penumpang yaitu kantong sandaran di belakang kursi pesawat. Penumpang memasukkan berbagai barang ke dalam kantong sandaran di belakang kursi pesawat. Anda mungkin tidak menyadari, kantong pesawat menjadi tempat sampah sementara bagi penumpang, contohnya tisu kertas, plastik makanan bahkan pembalut (diaper) bayi.
Kesimpulan ini didukung oleh studi yang dilakukan Universitas Auburn yang menemukan bakteri dapat bertahan di kantong belakang kursi hampir selama seminggu.



Selain itu, area lain yang perlu diperhatikan, tentu saja barang yang berada di dalam kantong belakang yaitu majalah pesawat. Anda biasanya iseng mengambil majalah di dalam pesawat. Sebagaimana penumpang lain juga iseng memegang majalah yang lalu diikuti dengan membolak balikkan halaman majalah. Majalah tersebut dibersihkan tentu saja setelah majalah tersebut diganti dengan terbitan yang terbaru.
Jika memungkinkan lebih baik anda membawa bahan bacaan anda sendiri sebagai pengganti majalah pesawat karena lebih bersih.


Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung