Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 28, 2016

Apa Yang Terjadi Jika Bagasi Anda Terlambat Datang Atau Hilang?

Sebelum anda meninggalkan bandara sebaiknya anda mengajukan komplain keterlambatan bagasi. Komplain anda wajib diselesaikan oleh maskapai penerbangan paling lambat dalam waktu 14 hari bila ternyata bagasi anda hilang. Jika anda buru-buru, anda tetap dapat mengajukan komplain setelah keluar dari bandara.

Sebelum anda meninggalkan bandara sebaiknya anda mengajukan komplain keterlambatan bagasi. Komplain anda wajib diselesaikan oleh maskapai penerbangan paling lambat dalam waktu 14 hari bila ternyata bagasi anda hilang. Jika anda buru-buru, anda tetap dapat mengajukan komplain setelah keluar dari bandara.

Caranya ialah anda datang ke kantor Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang (Lost & Found) untuk mengajukan komplain keterlambatan bagasi. Anda akan diminta menunjukkan identitas diri, boarding pass atau tiket. Setelah itu anda perlu mengisi formulir keluhan. Pada formulir keluhan anda perlu mengisi jenis keluhan, kronologis kejadian, tuntutan anda sebagai penumpang, tanda tangan pengesahan.

Pastikan anda telah menerima tanda terima dari petugas Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang bahwa anda telah melaporkan kejadian keterlambatan bagasi. Bagasi terlambat yang tidak pernah tiba dapat dikategorikan hilang. Kadang-kadang, ada beberapa kasus, bagasi yang hilang diganti dengan uang.

Apakah Yang Dilakukan Jika Bagasi Anda Ternyata Rusak Dalam Penerbangan?

Sebelum anda meninggalkan ruang kedatangan, selalu pastikan bagasi anda dalam kondisi baik. Jika anda jumpai kerusakan dalam penerbangan, laporkan kerusakan ke kantor Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang (Lost & Found).

 Petugas Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang akan berusaha memperbaiki kerusakan, bila masih bisa diperbaiki. Jika tidak bisa, ada kemungkinan bagasi anda akan diganti dengan yang baru.


Jika anda sudah meninggalkan ruang ketibaan dan anda baru menyadari terjadi kerusakan bagasi setelah tiba di rumah, anda tetap dapat mengajukan komplain. Komplain anda wajib diselesaikan oleh maskapai penerbangan paling lambat dalam waktu 14 hari. Hanya saja dokumen komplain tidak dapat dijadikan bukti di kemudian hari.



Bagaimana Bila Anda Membatalkan Tiket Penerbangan?

Seringkali anda sudah membeli tiket dari jauh-jauh hari, dikarenakan suatu hal, anda tidak jadi berangkat. Anda tidak tahu harus berbuat apa, karena tiket yang anda beli ternyata tiket promo yang tidak bisa dibatalkan. Tentang hal ini, anda yang suka bepergian dengan pesawat terbang sepantasnya senang dengan aturan pemerintah yang terbaru. Aturan ini dimuat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dengan adanya aturan terbaru dari Pemerintah ini, maskapai penerbangan memiliki kewajiban mengembalikan uang calon penumpang yang membatalkan penerbangan. Aturan ini berlaku untuk seluruh jenis kelas penerbangan dan bentuk tiket. Baik anda membeli tiket jenis kelas ekonomi, bisnis, maupun anda membeli bentuk tiket promo atau normal, anda berhak mendapatkan pengembalian uang bila anda membatalkan tiket. Aturan ini mulai sah bulan November 2015 dan sudah berlaku akhir Januari 2016.
Mekanisme pengembalian uang calon penumpang bila membatalkan keberangkatan penerbangan sebagaimana berikut :
1. pembatalan di atas 72 jam sebelum jadwal keberangkatan oleh penumpang, mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 75 persen dari tarif dasar.
2. pembatalan di bawah 72 jam sampai dengan 48 jam mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 50 persen dari tarif dasar.
3. pembatalan di bawah 48 jam sampai dengan 24 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 40 persen dari tarif dasar.
4. pembatalan di bawah 24 jam sampai dengan 12 jam mendapatkan pengembalian paling sedikit 30 persen dari tarif dasar.
5. pembatalan di bawah 12 jam sampai dengan 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit 20 persen dari tarif dasar.
6. pembatalan di bawah 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 10 persen dari tarif dasar dan/atau sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan.
menunggu penumpang menaiki pesawat
Untuk kondisi force majeur, penumpang dapat meminta pengembalian jasa angkutan udara sebesar harga tiket yang dibeli penumpang yang dikurangi biaya administrasi tertentu. Aturan ini berlaku dengan ketentuan pemotongan biaya administrasi sebesar :
a. 20 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan full service.
b. 15 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan medium service.
c. 10 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan no-frills.

Maskapai penerbangan berkewajiban melakukan pengembalian uang tiket selambat-lambatnya 15 hari kerja sejak pengajuan untuk pembelian tiket secara tunai. Sedangkan untuk pembayaran tiket online dan tiket langsung dengan kartu kredit atau debit selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak tanggal pengajuan untuk pembelian tiket.
Kenali hak anda, dan silakan klaim jika anda anggap perlu.

Cara Jitu Bergaul Dengan Penduduk Setempat Di Perjalanan

Baik anda melakukan perjalanan liburan di dalam negeri maupun luar negeri, suatu saat anda akan melakukan interaksi dengan penduduk setempat. Anda tentu saja ingin diterima dengan baik sehingga anda memikirkan cara supaya mereka mau membuka diri dengan anda. Yah kadang-kadang hal ini gampang-gampang susah. Selain keterbatasan bahasa, perbedaan budaya bisa jadi kendala. Karena mereka tidak menegur anda, anda cenderung berpendapat mereka tidak ramah.



Cara paling sederhana untuk dapat berinteraksi dengan mereka melalui bahasa tubuh Anda. Ketika Anda sedang berjalan coba lakukan kontak mata dan tersenyum. Jika anda lihat mereka merespon positif dengan membalas senyuman Anda, tegur mereka dengan bahasa setempat yang anda kuasai sedikit-sedikit. Sebaiknya Anda sudah belajar dan mengingat-ingat bahasa sehari-hari yang paling sering digunakan di negara yang anda kunjungi seperti menyapa, berkenalan, berhitung dan menanyakan arah, dll.

Mereka biasanya merasa dihargai, bila anda mau bersusah payah belajar bahasa setempat. Apabila mereka telah memperoleh kesan positif tentang anda, biasanya mereka jadi lebih terbuka dan hangat.

Tapi jangan sembarangan membuka diri bagi orang asing, bisa-bisa terlalu ramah ada maksud tertentu alias scammer.

Apa Saja Keuntungan Perjalanan Dengan Membawa Muatan Ringan?


Perjalanan ringan dengan membawa muatan ringan terdapat beberapa keuntungan yaitu :



Anda dapat membawa tas untuk masuk kabin. Tas berarti dibawa bersama-sama anda sehingga mengurangi tas hilang. Walapun anda transit, tas akan bersama anda kemanapun anda pergi. Sehingga memberikan keleluasaan bagi anda, bila anda butuh mengganti baju pada saat transit, atau mengambil barang apapun yang anda butuhkan. Tas juga akan terhindar dari resiko penanganan yang kurang baik seperti dilempar dan dijatuhkan.
Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk mengurus tas bila terjadi resiko kehilangan dan tidak perlu mencari tahu keberadaan tas pada saat di perjalanan.

Pada saat ketibaan di perjalanan, anda tidak perlu repot mencari seseorang untuk membantu anda membawa sejumlah besar tas.
Di daerah dengan transportasi yang kurang memadai, hanya tersedia kendaraan seperti motor atau truk, membawa tas yang banyak dan besar sangat-sangat merepotkan dan berbahaya.

Muatan ringan memudahkan anda untuk memasukkan barang-barang pribadi yang penting seperti obat-obatan medis dan barang-barang lainnya yang sewaktu-waktu anda butuhkan seperti jaket atau lain sebagainya.

Hadiah Apa Saja Yang Cocok Untuk Teman Baru Anda Di Perjalanan?

Dalam perjalanan, Anda memperoleh pengalaman bertemu dengan penduduk setempat yang ternyata menerima anda dengan ramah dan terbuka. Anda dapat mencoba mendaftar ke situs seperti Couchsurfing, yang menyediakan jaringan pertemanan untuk dapat menginap atau home stay di rumah penduduk setempat di negara tujuan perjalanan anda.




Teman baru anda menerima anda dengan baik di keluarganya, mengijinkan anda menginap di rumahnya dan memasakkan makanan untuk anda. Rasanya tidak enak jika anda tidak membalas keramahan si tuan rumah. Sebaiknya anda membawa beberapa hadiah kecil yang dapat menjadi pengingat sentimentil persahabatan yang sudah dibangun. Mereka pun akan merasa dihargai karena pemberian anda.
Hadiah seperti kerajinan tangan baik yang anda buat sendiri atau bukan misal benda hasil jahitan, lukisan, tas kecil, tas tangan, dll dapat menjadi pilihan.


Barang-barang tradisional khas dari daerah anda atau dari Indonesia seperti batik, wayang, kain tradisional bisa anda persiapkan untuk dibawa, sekaligus membantu mempromosikan budaya Indonesia.
Pilihan lain seperti gantungan kunci, pins kecil, coklat, kartu pos, dompet, dll.
Ingat 'bukan seberapa besar nilai hadiahnya tapi seberapa besar niat anda memberi'.

Apa Saja Persiapan Penting Sebelum Berlibur?

Jika anda hendak berlibur, siap-siap akan segala sesuatu yang perlu anda lakukan. Anda tidak mau kan jika anda sudah di tempat liburan, anda disibukkan dengan hal-hal yang jadi kewajiban anda seperti tagihan pengeluaran rumah tangga. Berikut persiapan penting yang perlu dilakukan sebelum liburan :

Cari seseorang yang dapat membantu anda mengurus kediaman anda. Jika anda tidak punya pembantu, anda perlu seseorang yang melakukan tugas harian anda seperti menyirami tanaman, memberi makanan hewan peliharaan, atau mengambil koran/majalah langganan. Kegiatan harian tersebut sebaiknya tetap dilakukan untuk menghilangkan kecurigaan bagi oknum yang ingin mencari kesempatan atas kediaman yang ditinggal oleh pemiliknya.

Bayar semua tagihan sebelum berangkat. Jika tagihan penting tiba setelah anda berangkat, mungkin sebaiknya anda berpikir untuk membuat pembayaran tagihan autodebet dari kartu kredit. Anda dapat mengajukan program autodebet dari kartu kredit di bank cabang terdekat. Jika tidak memiliki kartu kredit, minta tolong tetangga, saudara, teman atau pun yang biasa menjaga rumah. Transfer uang atau tinggalkan uang secukupnya.

Obati semua penyakit yang mungkin terjadi. Jika anda merasa memiliki masalah kesehatan, segerakan bertemu dokter sebelum berangkat. Kadang-kadang butuh lama untuk menghilangkan penyakit dengan penyebabnya, perkiraan sekurang-kurangnya 3 bulan sebelum berangkat sudah cukup. Salah satu persyaratan masuk ke negara tertentu, untuk mencegah tertular penyakit, anda harus divaksinasi.

Rawat diri anda. Mungkin anda juga perlu datang ke dokter gigi, untuk pengecekan rutin. Biar tetap tampil keren saat di perjalanan, potong rambut dulu di salin favorit. Cari salon di negara luar belum tentu gampang dilakukan.

Atur untuk persiapan paspor dan visa. Pembuatan paspor bisa secara online atau manual. Kunjungi situs imigrasi.go.id untuk penjelasan lebih lanjut. Anda harus datang untuk wawancara serta foto langsung di kantor imigrasi. Beberapa negara bebas visa, akan tetapi banyak negara yang membutuhkan visa bila masuk ke negara tersebut. Anda harus mencari informasi mengenai visa dari jauh-jauh hari. Pembuatan visa berbeda-beda waktu pemprosesannya tergantung dari negara tujuan.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung