Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Jan 12, 2016

Tips Menghindari Kelebihan Berat Bagasi Di Perjalanan

Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang, terutama pada saat perjalanan liburan akan kuatir dengan kelebihan berat muatan bagasi karena anda sudah berbelanja banyak barang. Biaya tiap penerbangan berbeda-beda bila kelebihan bagasi. Padahal oleh-oleh yang dibeli, harganya sering kali lebih murah daripada biaya yang dikeluarkan bila kelebihan bagasi. Anda akan menyesal karena harga yang anda rasa pantas untuk barang atau oleh-oleh tersebut ternyata secara tak terduga menjadi lebih mahal karena adanya biaya penambahan kelebihan bagasi.

Berikut beberapa tips agar anda dapat menghindari kelebihan bagasi pada saat perjalanan dengan pesawat terbang :
1. Sesuai ukuran standar koper.
Pada umumnya maskapai penerbangan menerima ukuran standar koper yang masuk bagasi pesawat dengan ukuran tidak lebih dari total 62 inci. Perhitungan dengan menjumlah tinggi + panjang + lebar koper. Bila ukuran koper kelebihan maka akan dikenakan biaya.

2. Rencanakan muatan bagasi sejak awal penerbangan
Dengan memperkirakan berapa banyak muatan yang akan anda bawa pulang, anda dapat memesan layanan pembelian bagasi dari maskapai. Kalaupun anda sudah memperkirakan oleh-oleh atau barang bawaan anda banyak, pilihlah maskapai penerbangan yang memiliki kapasitas bagasi besar. Terdapat maskapai penerbangan yang memberikan kapasitas hanya 20 kg, bisa 25 kg atau lebih banyak 30 kg. Biasanya memesan layanan pembelian bagasi dari maskapai memiliki biaya yang lebih murah daripada biaya kelebihan bagasi pada saat sudah di bandara.
3. Lipat baju atau celana dengan memanjang, lalu gulung membentuk gulungan ketat.
Susun bersama-sama dengan gulungan pakaian lain. Biarkan tas terbuka dan duduk di atasnya untuk mengeluarkan udara dari koper atau bagasi. Ketika udara sudah keluar, kunci koper atau bagasi. Pakaian tidak akan berkerut biarpun digulung.
4. Bawa tas lipat, tas kabin atau ransel/backpack tambahan
Sediakan tas tambahan yang muat dengan ukuran kabin pesawat. Secara peraturan penerbangan internasional masih diperbolehkan membawa ransel/backpack, tas tangan dan tambahan 1 tas ukuran kabin ke dalam pesawat. Bawalah ransel atau backpack yang agak besar sehingga bisa membawa kelebihan barang bagasi. Tas lipat yang awalnya tidak memakan tempat, bisa jadi pertimbangan untuk tas tambahan bila terdapat kelebihan bagasi. Biasanya tas ukuran kabin tidak boleh memuat barang dengan berat lebih dari 7 kg dengan dimensi tas umumnya maksimal 45 inci. Memang maskapai penerbangan internasional jarang sekali memeriksa berat tas cabin yang Anda bawa, namun perlu diperhatikan untuk penerbangan low cost airline biasanya mengenakan batasan berat tas.
5. Antisipasi Kelebihan Barang
Penerbangan low cost airline biasanya mengenakan batasan barang yang bisa masuk kabin maksimal 8 kg. Jika kelebihan berat, barang tersebut dikenai biaya oleh maskapai low cost airline. Antisipasi dengan mengisi barang pada setiap kantong baju yang tersedia. Pakai baju atau barang yang paling besar atau berat saat itu. Juga perlu diperhatikan terdapat barang-barang yang tidak diperkenankan masuk ke dalam kabin pesawat.
6. Bawa barang yang rela ditinggalkan
Bawa beberapa pakaian yang tidak terlalu sayang ditinggalkan bila harus membuat pilihan barang mana yang dapat ditinggalkan. Contohnya pakaian tidur lama, baju yang sudah bosan dipakai, jeans yang sudah usang, celana yang tidak baru lagi, atau barang-barang lama yang sudah ada keinginan untuk diganti tetapi belum rusak. Jadi barang-barang tersebut siap ditinggalkan apabila Anda mengalami kelebihan bagasi pada saat bepergian.
7. Minimalkan oleh-oleh
Jika anda rasa memberatkan, anda perlu berpikir ulang membawa oleh-oleh untuk siapa atau souvenir apa saja pada saat bepergian. Hal ini menjadi dilema karena biasanya tidak enak hati bila tidak membawa oleh-oleh pada saat perjalanan, terutama perjalanan luar negeri. Banyak turis malah menghabiskan waktu tidak sedikit hanya untuk membeli oleh-oleh, dan bukannya refreshing menikmati perjalanan liburan. Anda selalu merasa oleh-oleh tersebut tidak pernah cukup banyak dibeli, sampai uang anda habis baru anda berhenti. Pada saat itu anda lupa membeli oleh-oleh yang banyak dapat menyebabkan anda kelebihan bagasi pada saat bepergian. Jikapun anda ingin membagi dengan keluarga dan rekan-rekan, sebaiknya anda membuat rencana berupa daftar orang-orang yang mendapat oleh-oleh dari anda, dan perkiraan berapa banyak yang mau anda bawa dan apa yang mau anda bawa pulang.

8. Keuntungan pembelian dengan kartu kredit
Beberapa maskapai penerbangan domestik di luar negeri memberikan secara gratis kelebihan beban bagasi sampai batasan tertentu bila melakukan pembelian dengan kartu kredit. Bila anda merencanakan memakai penerbangan domestik setempat di luar negeri, cek situs perbandingan kartu kredit seperti nerdwallet. Situs tersebut menyediakan perbandingan keuntungan pembelian antara kartu kredit dan biaya tambahan yang dikeluarkan.
Mudah-mudahan anda dapat terhindar dari kelebihan bagasi apabila anda mengikuti tips menghindari kelebihan berat bagasi di perjalanan.


9. Bawa barang-barang yang benar-benar penting. Bungkus semua obat-obatan yang Anda perlukan, paspor, dokumen penting lainnya, hp, gadget elektronik dan semuanya yang anda anggap penting.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung