Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 18, 2016

Tips Perjalanan Bus Yang Nyaman Dan Aman Bersama Anak

Melakukan perjalanan panjang membawa anak-anak dengan kendaraan bus merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menantang bagi anda sebagai orang tua. Anda dapat menghabiskan waktu bersama dengan anak-anak dan dengan beberapa perencanaan, Anda dan anak Anda dapat menikmati perjalanan bus dengan minim rewelan. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
Ketika merencanakan perjalanan Anda, cobalah menghindari bepergian pada akhir pekan atau selama musim puncak wisata. Sehingga anda dapat mencegah menunggu bus berikutnya ketika bus sekarang yang hendak berangkat sudah penuh. Anda tidak harus memangku anak anda dan dapat memberikan kesempatan anak merenggangkan badan jika bus tidak terlalu ramai.
Untuk perjalanan yang kurang dari setengah hari, pertimbangkan pergi di malam hari sehingga anak Anda akan tertidur selama perjalanan.
Anak-anak sebelum usia dua tahun bisa naik gratis. Namun, jika bus penuh, anak harus duduk di pangkuan anda. Bila perjalanan memakan waktu yang lama, anda akan merasa lelah dan tidak nyaman. Lebih baik mengeluarkan uang untuk membeli tiket bus untuk anak-anak anda. Coba cek apakah ada diskon untuk anak-anak.
Untuk anak-anak, kursi special anak dengan tali pengaman dianjurkan, untuk memastikan anak Anda akan aman dan tetap duduk selama perjalanan. Bus biasanya tidak menyediakan kursi anak atau perangkat khusus untuk keamanan anak-anak, merupakan tanggung jawab orang tua untuk menjaga keamanan anaknya di kursi.

Buat tas hadiah bagi setiap anak yang berisikan perlengkapan untuk berbagai kegiatan, minuman dan makanan ringan yang tidak gampang busuk. Bawa juga mainan yang murah dan tidak merepotkan jika hilang seperti krayon, pensil warna, dll.
Untuk anak kecil yang masih menyusu, beli susu yang awet pada suhu ruang walaupun tidak masuk kulkas,. Jika seorang anak masih minum susu formula, lebih baik membeli susu siap saji dalam kemasan kotak atau kaleng, sehingga anda tidak perlu sibuk mencampur susu dan menyajikannya.
Awasi anak-anak agar selalu berada di dekat anda dan selalu terlihat ketika anda berganti bus, atau transit.
Jika waktu transit lama, tunjuk suatu titik pertemuan sehingga bila anda terpisah dengan anak-anak anda, beritahu anak-anak untuk pergi ke titik pertemuan.
Simpanlah foto terbaru setiap anak dalam tas Anda untuk antisipasi keadaan darurat.
Segera cari pihak yang berwenang jika Anda percaya anak Anda hilang, dan jangan segan-segan memanggil mereka dengan keras.
Untuk keselamatan anak Anda, tunjuk pegawai yang berseragam di awal perjalanan. Jika anda berpisah dengan anak, beritahu agar anak mencari seseorang yang berpakaian seperti itu atau seorang polisi yang berseragam.
Cara terakhir, beritahu jika anak anda tidak melihat siapa pun dengan seragam atau tidak dapat menemukan counter, beritahu untuk mencari seorang ibu dengan anak-anak dan meminta bantuan. Taruhan tersebut paling aman meletakkan anak-anak dengan orang asing.
Jelaskan kepada anak anda, mereka tidak boleh meninggalkan terminal atau ke luar dari stasiun bus untuk alasan apapun. Pastikan anak anda memahami bahwa Anda tidak akan pernah pergi tanpa mereka dan akan selalu kembali mencari anak anda di dalam terminal atau stasiun bus.


Cegah anak untuk bermain dekat, di belakang, atau terutama di bawah bus.
Latih anak anda untuk memastikan anak tahu nomor telepon, alamat lengkap, dan nama lengkap Anda sebelum berangkat.
Dorong anak untuk pergi ke kamar mandi secara berkala, terutama setelah makan atau minum, daripada menunggu sampai menit terakhir, sehingga mereka tidak akan terjebak antrian masuk ke WC. Selalu antar anak-anak ke WC, dan pastikan anak anda mencuci tangan dengan air, sabun, sanitasi gel atau tisu basah ketika selesai.


Bawa uang kecil di saku, sehingga pada saat bus berhenti, anda dapat memberi minum atau snack sekadarnya. Jadi anda tidak perlu menyeret anak Anda di sekitar terminal mencari tukaran uang kecil.
Bahkan untuk jangka waktu perberhentian pendek, ajak anak Anda turun dari bus untuk menghirup udara yang lebih segar dan meregangkan kaki. Jika Anda berhenti selama beberapa jam untuk transit atau berganti bus, cari tempat untuk mengamankan barang-barang Anda terlebih dahulu misalnya jika ada fasilitas loker, simpan di loker. Lalu bawa anak Anda berjalan-jalan sebentar atau melihat-lihat di sekitar lingkungan terminal.
'Cobalah untuk rileks sepanjang waktu dan buat perjalanan menjadi menyenangkan.'
Curahkan perhatian yang banyak pada anak, bermain, bercerita, dan aktifitas bersama lainnya. Ambil perjalanan panjang sebagai kesempatan menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak Anda, sehingga semuanya akan lebih menikmati perjalanan dengan bus.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung