Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 25, 2016

Tips Melakukan Perjalanan Liburan Di Musim Hujan

Bepergian di musim hujan sebenarnya bukanlah suatu halangan. Kebetulan anda bisa cuti pada saat musim hujan. Anda juga sudah membeli tiket pesawat, kereta atau kapal pada saat musim hujan berlangsung. Mau tak mau, Anda tetap berlibur meskipun hujan. Jadi bagaimana caranya anda tetap menikmati liburan meskipun anda bepergian waktu musim hujan, ikuti tips berikut :

1. Pilih tujuan wisata musim hujan yang tepat
Di musim hujan, kadang-kadang anda harus berkompromi dengan keinginan besar anda mengunjungi tempat tertentu. Tujuan wisata di tempat terbuka seperti mendaki gunung, berenang di pantai, dan berlibur di air terjun, sebaiknya diundur sampai hujan berhenti.
Jika hujan terus-menerus turun, anda sebaiknya memilih tempat wisata di dalam ruangan. Misalnya anda dapat memilih berkunjung ke museum, mall, pasar, taman hiburan (theme park), restoran, dll.


2. Buat itinerary atau rencana liburan yang disesuaikan dengan musim hujan
Bila anda ada rencana tertentu ke suatu tempat wisata, anda dapat merancang kegiatan tersebut dengan fleksibilitas penuh. Jika hujan turun dan tidak mungkin menerobos hujan, ganti dengan kegiatan di tempat wisata yang berada di dalam ruangan (indoor). Jika anda lihat cuaca sudah reda, anda dapat melanjutkan liburan ke tempat tujuan wisata utama.


3. Pantau terus ramalan cuaca
Perkembangan teknologi ramalan cuaca semakin lama semakin baik. Akurasi ramalan cuaca sekarang ini mendekati 90-95% kebenaran. Anda dapat memantau ramalan cuaca dari televisi, radio, aplikasi handphone, situs online, dll. Anda dapat mendengarkan siaran tv dan radio mengenai ramalan cuaca.
Anda juga dapat mendownload aplikasi handphone mengenai ramalan cuaca. Bila anda tidak mau mendownload aplikasi, anda dapat memeriksa ramalan cuaca di situs web Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Beberapa handphone juga menyediakan fitur khusus untuk ramalan cuaca.
Antisipasi liburan anda dengan mengecek ramalan cuaca di daerah atau kota tujuan anda. Namanya ramalan, bisa saja terjadi perubahan, jadi bila sudah mendekati waktu liburan silakan pantau kembali.

4. Bawa perlengkapan musim hujan, jaket, payung atau jas hujan
Perlengkapan musim hujan sebaiknya dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Cek kembali payung anda, apakah ada kerusakan.
Pemakaian jas hujan juga penting karena dapat melindungi bagian bawah celana atau rok agar tidak basah.
Juga terdapat jaket yang memiliki jenis material dari bahan yang tahan air. Walaupun jaket fungsinya menghangatkan tubuh, pemilihan jaket dengan material tahan air bisa jadi pertimbangan pada saat membeli jaket. Jaket dengan tudung kepala (hoody) bisa juga dimanfaatkan untuk melindungi kepala dari udara dingin.
Sebaiknya anda membawa pakaian ganti pada saat melakukan perjalanan di musim hujan. Hal tersebut merupakan salah satu alternatif yang baik, daripada anda kedinginan atau masuk angin karena terlanjur basah kena hujan.



5. Jaga kesehatan, jangan sampai sakit
Pada saat musim hujan, anda rentan terserang segala penyakit seperti flu, pilek, batuk, dll. Jaga kesehatan, jangan sampai sakit. Bekali diri dengan mengkonsumsi susu, vitamin, jamu-jamuan, atau ramuan tradisional penolak angin untuk penguat kondisi tubuh. Selamat berwisata di musim hujan. Ingat kesehatan anda paling berharga.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung