Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 2, 2016

Apakah Pengertian Dan Penyebab Jet Lag?

Setelah berada di penerbangan yang lama dan jauh, anda merasa lelah dan bingung akan perbedaan waktu ketika tiba di negara tujuan. Kondisi tersebut terjadi karena anda mengalami jet lag akibat perjalanan jauh. Tubuh Anda sulit menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Gejalanya pola tidur terganggu dan kurang energi sehingga anda merasa mengantuk dan lesu. Makin jauh jarak penerbangan, makin banyak zona waktu yang dilintasi, maka jet lag yang dialami bisa makin parah.
Pengertian jet lag
Pengertian jet lag ialah sebagai gabungan dari kelelahan dan gejala lainnya, yang disebabkan oleh perjalanan tiba-tiba di zona waktu yang berbeda. jet lag juga disebut sindrom perubahan zona waktu’.
Jet lag merupakan jenis kelelahan yang disebabkan oleh perjalanan di zona waktu yang berbeda.
Penyebab jet lag
Dunia dibagi menjadi 24 zona waktu yang berbeda. Sedangkan Indonesia memiliki 3 zona waktu, yaitu waktu indonesia barat, tengah, dan timur, selain 21 zona waktu lainnya. Terkait hal ini tubuh manusia memiliki jam fisiologis atau biologis yang berlangsung 24 jam.



Jam biologis tersebut terdiri dari kelompok sel yang berinteraksi satu sama lain pada tubuh manusia. Sel-sel tersebut dikendalikan oleh otak manusia yang membuat semua jam di tubuh manusia tersinkronisasi. Dalam sehari, karena pengaturan dari otak, Tubuh manusia beradaptasi dengan kondisi terang dan gelap pada waktu tertentu. Namun, adaptasi kondisi tersebut dapat terganggu bila seseorang pergi ke melintasi zona waktu yang berbeda.
Perjalanan udara memungkinkan melintasi beberapa zona waktu yang berbeda hanya dalam beberapa jam. Setelah bepergian melintasi zona waktu yang berbeda, tubuh seseorang harus mengejar dan membangun kembali jam biologisnya. Untuk menyesuaikan diri dengan kondisi terang dan gelap, tubuh manusia memerlukan waktu. Jam biologis tersebut meliputi suhu, hormon, pencernaan, detak jantung, produksi urine, nafsu makan, kebiasaan buang air besar, tekanan darah, pola tidur dan bangun tidur dan kondisi otak. Kekurangan adaptasi dengan kondisi yang baru tersebut menyebabkan jetlag.
Tubuh membutuhkan beberapa hari sampai beberapa minggu untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru, sekitar satu hari untuk setiap jam perubahan zona waktu.

Silakan baca artikel terkait 'Gejala Jet Lag'

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung