Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 25, 2016

Tips Smart Travelling

Baik anda melakukan perjalanan untuk bisnis atau berlibur, anda perlu bertindak cerdas atau smart. Anda akan lebih merasa nyaman, aman dan sehat jika tahu tindakan apa yang terbaik dapat anda lakukan. Ubah keadaan yang tidak menyenangkan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Apa-apa saja yang dilakukan turis yang smart?
Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan di perjalanan berikutnya :
Untuk mengurangi jetlag, booking penerbangan pada malam hari atau yang tiba di malam hari ketika bepergian. Anda dapat tidur pada penerbangan atau segera setelah Anda masuk ke tujuan Anda.
Ikuti tips berikut 'Strategi Untuk Mengurangi Dampak Dari Jet Lag Selama Di Penerbangan.'

Sebaiknya Anda mencapai bandara untuk check-in paling lambat 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Bila anda pikir anda tidak mau antri berkepanjangan, anda dapat melakukan check in online yang buka 24 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan. Jika anda berangkat ke luar negeri, pertimbangkan antrian yang harus lewati untuk imigrasi dan pengecekan keamanan. Perkirakan kapan saatnya anda berangkat ke bandara.
Jika bagasi tidak tiba pada penerbangan yang sama dengan Anda, ajukan klaim dengan mengisi Property Irregularity Report (PIR), dengan deskripsi bagasi, daftar isi dan alamat lengkap. Jika bagasi Anda tidak tiba sama sekali, ajukan laporan kepada maskapai dalam waktu 21 hari. Jangan menerima paket dari orang asing.

Patuhi daftar barang terlarang yang tidak boleh masuk bagasi. Bawa barang-barang berukuran besar seperti ski, perlengkapn pisau, tongkat berjalan, pisau swiss di bagasi yang masuk untuk check in. Lakukan pada saat proses check-in untuk menghindari risiko penundaan akibat penyitaan pada saat pemeriksaan keamanan.
Laporkan setiap item barang yang dibiarkan terletak tanpa pengawasan di bandara atau pesawat ke petugas bandara atau maskapai terdekat.
Pelajari cuaca dan iklim di tempat tujuan Anda dan bersiap-siap terutama jika Anda akan datang ke daerah rawan badai.
Agar perjalanan lebih mulus di pesawat, pilih kursi yang terletak di dekat sayap. sebab jika pesawat mengalami turbulensi, tempat ini akan memperoleh paling sedikit benturan.
Jika Anda rentan terhadap mabuk, minum pil anti mabuk sebelum penerbangan. Pil tidak akan banyak membantu, jika Anda meminumnya setelah anda mulai merasa sakit.
Untuk mencegah pembengkakan kaki pada penerbangan yang lama, berjalan di lorong pada jangka waktu tertentu dan coba untuk tidak melepas sepatu Anda.
Jangan minum alkohol pada penerbangan karena menyebabkan dehidrasi. Sebaliknya, pilih minum air putih sering untuk mencegah dehidrasi.
Jika Anda memiliki pantangan makanan, cek di situs maskapai, biasanya mereka memiliki daftar makanan yang akan disajikan dalam penerbangan.
Lakukan pemesanan hotel dari jauh hari, terutama jika Anda mengunjungi tempat tujuan di musim turis atau liburan. Anda tidak ingin berlibur tanpa atap di atas kepala. Negosiasi tarif kamar melalui telepon. Telepon hotel dua kali untuk konfirmasi harga. Catat nama petugas yang berbicara dengan anda dan meminta konfirmasi tertulis seperti nomor booking jika ada. Dengan cara ini Anda yakin pihak hotel tidak akan salah tagih.



Pada saat check in hotel, minta kartu hotel dengan alamat nama hotel dan nomor telepon. Hal Ini akan berguna sekali jika Anda tersesat atau lupa nama hotel.
Jangan hanya bergantung pada layanan alarm hotel. Bawa sendiri jam alarm kecil milik Anda untuk penerbangan pagi atau perjalanan wisata di subuh hari. Anda juga dapat menggunakan layanan alarm pada handphone atau smartphone.
Periksa apakah hotel Anda memiliki pengering rambut, setrika, mesin pembuat kopi, dll, sehingga anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan elektronik yang anda butuhkan. Perlu diperhatikan membawa barang elektronik perlu dilihat apakah tegangannya sudah masuk standar negara tujuan. Lebih baik jika suatu barang elektronik memiliki tegangan antara 110-220 sehingga dapat dipakai universal. Jika anda perlu mencuci beberapa potong pakaian, bawa deterjen secukupnya.

Mungkin banyak tips lain bagaimana melakukan perjalanan yang smart. Silakan lakukan yang anda pikir cocok bagi diri anda.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung