Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 26, 2016

Nasihat Perjalanan Yang Tidak Pantas Anda Ikuti

'Hemat air dengan minum air langsung dari keran.' Memang beberapa negara yang mengklaim memiliki air yang bisa diminum biasanya negara maju yang telah memiliki sistem pengolahan air minum yang dikelola dengan baik. Tetapi penduduk setempat biasanya juga tidak langsung minum dari air keran. Mereka juga biasanya membeli air minum atau memasak air minum terlebih dahulu. Mereka saja mempunyai kebiasaan seperti tersebut, kenapa anda yang tujuannya hanya berkunjung mengambil resiko yang tidak perlu. Berhati-hati selama perjalanan dan jangan ambil resiko tidak perlu. Bila anda tidak yakin dengan keamanan langsung minum air dari keran, silakan masak air terlebih dahulu dan simpan di botol agar anda tidak perlu membeli air di perjalanan.
Contoh di atas pendapat yang sebaiknya jangan diikuti. Banyak pendapat konyol yang rasanya tidak masuk logika tapi tetap dipraktekkan masyarakat sampai saat ini. Tanpa bermaksud menyinggung siapa pun, mungkin beberapa hal berikut memang anda percayai kebenarannya. Hanya saja coba anda pikir baik-baik, anda bisa saja menjadi ragu setelah mendengar ulasan berikut dan merubah pendapat anda. Mungkin beberapa hal anda rasa memang tidak masuk akal di jaman sekarang ini. Apa saja nasihat berlibur yang sering salah?
1. Jangan mencicipi makanan pinggir jalan
Jika anda mendengar hal ini, berarti orang yang mengatakannya bisa jadi mengalami trauma karena salah jajan di pinggir jalan atau kuper. Variasi makanan jalanan yang banyak membuat penasaran bagi anda yang berkunjung. Pengalaman tak terlupakan menikmati makanan baru di pinggir jalan.
Harga makanan pinggir jalan pun terkenal murah dibanding restoran termurah sekalipun. Karena biasanya makanan jalanan disajikan saat itu juga, anda menikmati makanan yang segar, masih panas, atau gurih. Pas sekali buat anda yang lapar. Tentu saja anda juga perlu berhati-hati melihat sekeliling daerah jajanan. Jangan pilih yang dekat dengan tempat atau bak sampah.


2. Perempuan jangan pergi libur sendiri
Sebenarnya dengan berbagai informasi yang tersedia sekarang ini, semua orang termasuk perempuan dapat saja merencanakan liburan seorang diri. Biarpun Anda seorang perempuan, anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber tentang keamanan suatu daerah atau negara. Anda juga dapat mengantisipasi dan merencanakan perjalanan yang aman biarpun pergi sendiri. Anda juga sebaiknya menghindari negara-negara yang kurang aman bagi perempuan bepergian sendiri seperti India dan negara-negara Timur Tengah.
3. Bawa traveller’s cheques untuk keadaan darurat
Bersamaan dengan tumbuhnya jaringan ATM global, traveller’s cheques atau cek perjalanan pada akhir tahun 90-an sudah tidak begitu populer seperti dulu. Banyak toko dan hotel di luar negeri sudah tidak mau menerima cek perjalanan sebagai alat transaksi karena semakin sedikit jumlah bank yang mau mencairkan uangnya. Jadi pilihan untuk saat-saat darurat, bawalah kartu kredit. Khusus kartu ATM perlu dicek apakah bisa dipakai di negara tujuan liburan.
Daripada anda kuatir kehabisan uang, lebih baik Anda menyimpan beberapa lembar uang tunai di kantong tersembunyi seperti di dalam tas, tas kamera, jaket, dll. Yang anda tidak sangka-sangka ternyata ada selipan uang.
4. Langsung jalan tanpa rencana
Anda perlu merencanakan sesuatu tentu saja jika anda belum pernah datang ke daerah tersebut atau jarang datang ke daerah tersebut. Jika jarak yang ditempuh semakin jauh misalnya liburan ke luar negeri, sebaiknya anda menyusun rencana lengkap.
Jika masih di Indonesia dan anda menyusun rencana sewaktu di tempat tujuan mungkin masih bisa diantisipasi dari sisi pengeluaran dan waktu. Anda dapat mendatangi langsung tempat wisata dan bergantung pada guide sebagai penunjuk jalan atau mengikuti tur seperti yang biasa dilakukan semua orang.
5. Bawa baju lebih agar hemat biaya laundry
Biasanya perempuan banyak pakaian yang hendak dibawa biar tetap tampil modis di perjalanan.

Silakan baca selengkapnya 'Tips Mencuci Dan Mengeringkan Pakaian Dengan Cepat Di Perjalanan.'

Solusinya anda bawa baju di perjalanan. Tapi setelah anda sampai di tempat tujuan wisata, anda juga banyak berbelanja berbagai barang. Akhirnya anda kelebihan bagasi. Jadi bawalah baju secukupnya. Bila perjalanan lumayan lama, anda bisa memakai jasa laundry hotel. Atau bila anda rasa mahal, mencuci pakaian sendiri pilihan yang paling pas.
6. Selalu bawa pisau buat keamanan selama perjalanan
Jika anda mendengar nasihat ini dari seseorang, yah anda bisa yakin orang itu pernah mengalami sesuatu yang traumatik. Anda juga sebaiknya berhati-hati dengan orang tersebut, mungkin dia sedang membawa pisau waktu memberi anda nasihat.
7. Jangan repot-repot bawa buku panduan perjalanan, semuanya ada di internet
Yah jika anda bisa terhubung dengan internet online, bagaimana bila anda tidak bisa terhubung online. Sama dengan di Indonesia, bila anda pergi ke daerah yang jauh dari pinggir kota, sinyal internet juga lebih susah. Bila cuaca sedang buruk, kadang-kadang sinyal juga hilang. Bila anda berada di subway atau di sistem transportasi kereta bawah tanah, sinyal juga susah diperoleh. Jadi mengandalkan jaringan internet untuk panduan arah bukan pilihan baik pada saat bepergian di luar negeri.

Bisa jadi anda sudah menelusur internet, ternyata informasi yang terkandung dalam artikel tersebut sudah lama dan banyak perubahan terjadi. Yang konyolnya, anda ingin memanfaatkan waktu untuk berlibur, tapi anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk menelusur informasi tujuan wisata pada saat liburan.
Pilihan lain dengan membawa buku panduan kota atau negara tujuan wisata, lebih baik yang dilengkapi peta kota atau negara tujuan wisata. Selain membawa buku, anda juga dapat menyewa guide atau pemandu wisata. Pemandu wisata terlatih memberikan anda pengetahuan tentang tempat wisata.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung