Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 2, 2016

Tips Mengatasi Jet Lag Agar Tubuh Cepat Beradaptasi Dengan Zona Waktu Baru

Berikut tips agar tubuh cepat beradaptasi dengan zona waktu baru :
  • Apabila anda tiba pada siang hari, cobalah untuk pergi ke luar dan biarkan diri Anda terpapar sinar matahari. Jika hal ini tidak memungkinkan, sinar terang dapat membantu ‘memulihkan ulang’ jam biologis Anda. Walapun tentu saja efeknya lebih lambat. Pendorong untuk mengatur ulang jam biologis yaitu cahaya yang masuk melalui mata, terutama spektrum cahaya biru. Kegiatan ini dapat membantu untuk mengubah jam biologis tubuh, sehingga akan kembali normal jauh lebih cepat. 
  • Minum minuman berkafein di siang hari.
  • Hindari alkohol atau minuman berkafein selama beberapa jam sebelum tidur di malam hari.
  • Gunakan teknik relaksasi.
  • Cobalah tidur lebih awal dari biasanya selama beberapa hari sebelum penerbangan menuju ke timur; jika terbang ke arah barat, cobalah terjaga lebih lama dari biasanya.
  • Jika anda datang lebih awal di pagi hari di tempat tujuan, tidur sebanyak mungkin selama penerbangan, lalui hari tersebut dengan terjaga dan tidur lebih awal di malamnya. Jika tiba di tujuan Anda di malam hari, segeralah tidur tak lama setelah Anda tiba. Tetap pejamkan mata, sampai anda benar-benar mengantuk dan tertidur.

Zat yang dapat memperpanjang jet lag
Penggunaan obat-obatan agar tidur lebih baik di tempat tujuan memang praktek yang gampang dilakukan tetapi hal tersebut sebaiknya didiskusikan dengan dokter. Tidak dianjurkan jika Anda menggunakan obat tidur selama penerbangan dalam kondisi darurat. Beberapa orang menggunakan alkohol untuk membantu tertidur, tapi cara ini malah benar-benar mengganggu siklus tidur normal dan dapat memperpanjang jet lag.

Terdapat pendapat jika minum obat tidur dapat membantu meringankan jet lag. Namun, obat tidur biasanya tidak dianjurkan karena dapat bersifat adiktif, jika digunakan selama lebih dari beberapa hari. Obat tidur dapat menyebabkan efek samping seperti pilek, sakit kepala, dan diare.
Berkonsultasilah dengan dokter jika Anda berpikir mengonsumsi obat jet lag yang mengandung melatonin. Dokter akan mudah memberi Anda saran apakah hal tersebut cocok bagi Anda atau tidak.
Obat-obatan jet lag biasanya mengandung melatonin. Melatonin di dalam tubuh adalah hormon yang dilepaskan pada malam hari sehingga otak mengetahui kapan saatnya tubuh tidur.
Jam tidur dikendalikan melatonin yang dilepaskan dalam tubuh dan sinar matahari. Ketika hari gelap melatonin diproduksi untuk mempersiapkan tubuh tidur. Ketika terang, tubuh berhenti memproduksi melatonin agar tubuh bangun. Obat jet lag yang mengandung melatonin paling efektif ketika dikonsumsi tiga jam sebelum waktu yang diinginkan untuk tidur. Belum ada cukup bukti untuk mengatakan apakah melatonin benar-benar efektif atau tidak.



Silakan baca artikel terkait 'Bagaimana Cara Mencegah Atau Mengurangi Jet Lag'

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung