Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 16, 2016

Tips Bagi Turis Yang Pertama Kali ke Luar Negeri

Rasanya pergi keluar negeri pertama sekali, seperti impian lama yang akhirnya terkabulkan. Anda sudah menabung lama agar bisa berlibur ke luar negeri. Anda juga sudah mengincar lama promo tiket dari penerbangan yang bertarif murah, jadi anda sukses memperoleh tiket murah ke tempat tujuan wisata yang diidam-idamkan. Sekarang apa saja yang perlu dipersiapkan agar waktu di luar negeri benar-benar menyenangkan dan tujuan liburan tercapai dengan sukses. Berikut tips bagi turis yang pertama kali ke luar negeri:

1. Mengurus Paspor
Persyaratan untuk masuk ke Negara lain, anda terutama harus memiliki paspor. Anda bisa membuat paspor di kantor imigrasi yang terdekat sesuai dengan alamat di KTP. Terlebih dahulu anda bisa masuk ke situs imigrasi dan mendaftar online. Di situs juga memuat persyaratan membuat paspor. Anda bisa membuat paspor biasa atau e-paspor. Biaya pembuatan e-paspor tentu saja lebih mahal dibandingkan paspor biasa. Perlu diketahui, paspor hanya bisa digunakan hingga 6 bulan sebelum masa berakhir paspor. Hanya beberapa negara yang bisa tetap dimasuki walaupun paspor kita sudah memasuki masa 6 bulan sebelum masa berakhir paspor. Untuk membeli tiket, perlu nomor paspor. Jadi kalau ada niat liburan ke luar negeri buat segera paspor. Bila ada promo tiket pesawat murah, anda dapat mengambil langsung, agar tidak menyesal, gagal membeli tiket murah.
2. Permohonan visa
Selain paspor, anda membutuhkan visa untuk masuk ke suatu negara. Jika anda ingin memperoleh visa, anda perlu mengurus visa di Kedutaan Besar negara bersangkutan. Cek di situs online Kedutaan Besar negara bersangkutan untuk mendaftar permohonan visa. Terdapat beberapa negara yang memperbolehkan visa online seperti negara Turki. Visa online bisa dilakukan dengan mengisi persyaratan tertentu secara online. Ada juga beberapa negara yang perlu visa online tetapi tetap mensyaratkan perlu wawancara dengan pihak Kedutaan. Ada juga beberapa negara yang memungkinkan Anda mengurus visa lewat agen perjalanan. Jika anda ingin masuk ke negara-negara Asia Tenggara biasanya sudah bebas visa.
3. Booking tiket pesawat
Anda dapat mencari tiket pesawat murah dari jauh-jauh hari. Sebaiknya anda juga langsung membeli tiket pulang, biasanya lebih murah. Dengan membeli tiket pergi-pulang, anda juga lebih mudah menjawab pertanyaan pada saat di imigrasi negara tujuan wisata. Pengurusan visa juga biasanya meminta informasi berapa lama anda tinggal di negara tersebut. Anda juga bisa membeli tiket lewat travel agent. Kadang-kadang harga dan kuota penerbangan di setiap travel agent berbeda-beda. Sebaiknya jika ada beberapa informasi travel agent bisa dihubungi semua untuk perbandingan harga. Bisa juga tiket ke suatu daerah sudah habis atau tidak tersedia di travel tersebut, tetapi ada di travel lain.

Silakan baca artikel Tips Hunting Atau Berburu Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan

4. Booking penginapan atau akomodasi 
Anda sebaiknya membooking penginapan terlebih dulu. Anda bisa membeli dari situs-situs penjualan hotel atau akomodasi online yang terpercaya, contohnya agoda.com, booking.com, tripadvisor.com, AiRBnB.com. Anda bisa juga memesan paket penerbangan dengan hotel di situs-situs online seperti airasia. Paket penerbangan dengan hotel seperti ini biasanya lebih murah. Memang melakukan booking hotel secara online, mewajibkan kartu kredit sebagai jaminan. Akan tetapi ada beberapa situs-situs penjualan hotel online yang tidak perlu memakai kartu kredit.
Pada saat membooking hotel, sebaiknya anda mempelajari dulu lokasi hotel pilihan Anda. Apakah anda berencana berjalan-jalan dekat tempat-tempat wisata populer, wisata shopping, atau makan-makan, dll, anda dapat memilih hotel sesuai dengan lokasi tersebut. Pertimbangan lain, pilihlah hotel yang dekat dengan jalur transportasi umum seperti kereta, bus, feri, dll. Perhatikan juga ulasan pengunjung hotel terkait kebersihan dan pelayanan hotel. Kadang-kadang pertimbangan memesan hotel bukan hanya murah tetapi nyaman juga. Setelah booking, anda perlu menyimpan alamat hotel tempat Anda berencana menginap.


5. Pelajari informasi cuaca, iklim, aturan, budaya di negara tujuan
Pertama sekali sebaiknya Anda perlu mencari informasi cuaca dan iklim di negara tujuan. Anda yang biasa hidup di iklim tropis tentu saja perlu mempersiapkan segala sesuatunya bila berkunjung ke negara beriklim subtropis. Bila musim dingin Anda perlu mempersiapkan pakaian tebal dan perlengkapan di musim dingin seperti jaket, syal, topi, sarung tangan, kaus kaki, sepatu tebal, dll.
Perhatikan juga aturan setempat yang berlaku. Negara seperti Singapura biasanya memberlakukan aturan ketat bagi penduduknya termasuk bagi turis asing yang juga berkunjung. Denda bagi yang makan dan minum di kereta, membuang sampah sembarangan, merokok di sembarang tempat, dll, besar nilainya di negara Singapura. Jangan sampai uang untuk peruntukan wisata habis akibat denda karena ketidaktahuan anda. Cari tahu juga tentang budaya setempat. Misalnya memakai pakaian sopan di tempat ibadah, dll.

6. Membuat rencana (itinerary) perjalanan
Anda akan menghabiskan uang, waktu dan melakukan perjalanan jauh ke negara tersebut, tentu saja anda ingin liburan anda menyenangkan dan berkesan. Sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu memperkirakan berapa lama anda hendak melakukan perjalanan, berapa budget/anggaran uang yang perlu dikeluarkan, tujuan wisata apa yang hendak anda kunjungi. Pertama sekali, carilah informasi mengenai tempat wisata favorit yang dikunjungi di negara tersebut. Perhatikan di mana lokasi tempat wisata favorit tersebut. Jika anda memang tertarik berkunjung, anda dapat mengatur kunjungan ke tempat wisata yang letaknya berdekatan di hari yang sama. Bila tempatnya luas, anda bisa mengatur satu hari special untuk tempat tersebut. Anda juga dapat membeli tiket online untuk masuk suatu tempat wisata. Ada beberapa situs yang menyediakan tiket online lebih murah daripada membeli langsung), misal groupon.co.id, hotels2thailand.com, dll. Hanya saja pembelian melalui situs online, resikonya tiket tidak bisa dibatalkan (dicancel).
7. Menukarkan mata uang
Sebaiknya anda sudah menganggarkan sejumlah uang dengan memperkirakan tujuan wisata anda. Jangan sampai anda kekurangan uang di tempat tujuan wisata, dan anda tidak tahu meminjam ke siapa.
Silakan baca artikel Tips Berbelanja Tepat Dan Hemat Di Luar Negeri.
Anda perlu menukar sejumlah uang rupiah ke mata uang negara tujuan liburan di Indonesia. Penukaran mata uang sebaiknya dilakukan di money changer Indonesia karena nilai kurs mata uang rupiah biasanya akan dihargai lebih rendah di negara luar. Jika anda hendak menukarkan rupiah sebaiknya pada saat kurs mata uang negara tujuan sedang turun. Lebih baik Anda membawa mata uang US Dollar sebagai cadangan. Biasanya mata uang US Dollar tidak akan berbeda nilainya bila ditukarkan ke mata uang negara tujuan. Kalau anda kekurangan uang di luar negeri, anda bisa menukar dollar tersebut di money changer negara luar. Cari money changer yang tanpa komisi (no commission).
8. Barang-barang yang perlu dibawa
Pilihlah beberapa pakaian nyaman yang biasa anda pakai dan jangan terlalu banyak. Karena anda banyak berjalan kaki di luar negeri, bawa sepatu yang nyaman di kaki. Persiapkan tas tangan dan koper yang ringan yang gampang dibawa-bawa. Kadang-kadang kita tidak bisa mengandalkan bantuan orang lain mengangkat-angkat koper kita.
Jangan lupa membawa smartphone atau handphone charger, power bank dan traveler charger. Anda perlu mempelajari colokan listrik di negara tujuan wisata anda. Anda bisa membeli international travel charger bila ternyata colokannya berbeda daripada di Indonesia. Jangan sampai anda repot karena anda tidak membawa colokan listrik sedangkan anda membutuhkan colokan listrik. Jika anda lupa membawa colokan listrik, pilihan terbaik mencari di toko retail sekitar bandara. Biasanya pihak hotel juga menyediakan peminjaman colokan listrik, tapi tidak semuanya. Lebih baik persiapkan terlebih dahulu sebelum anda berangkat.
Jangan lupa melihat tegangan atau voltage barang-barang elektronik yang anda rencana bawa. Beberapa negara memiliki tegangan listrik untuk barang-barang elektronik dengan kisaran 110-120v. Lebih baik lagi jika barang-barang elektronik yang anda miliki berada di kisaran internasional 110-220v.
9. Melewati imigrasi negara luar
Setelah anda sampai di negara tujuan, anda harus melewati bagian imigrasi di negara tujuan wisata anda. Di beberapa negara seperti Singapura, anda harus mengisi Kartu Kedatangan. Persiapkan pulpen pada saat pengisian. Kartu Kedatangan ini akan dipotong oleh petugas imigrasi di negara tujuan. Simpan baik-baik Kartu Kedatangan ini karena anda perlu menyerahkan lagi ke petugas imigrasi. Jadi kartu kedatangan tidak boleh hilang sampai Anda pulang.
Pada saat pengecekan dokumen perjalanan, anda perlu mengantri dengan sabar, jangan menyelak, jangan foto-foto. Perhatikan garis kuning sebelum maju ke loket petugas imigrasi, selalu berada di belakang garis kuning. Di beberapa negara, biasanya petugas imigrasi akan mengajukan beberapa pertanyaan umum, seperti berapa lama Anda akan tinggal, tujuan Anda pergi ke negara itu, dengan siapa Anda pergi, dan di mana Anda akan menginap. Jawablah dengan singkat dan tepat. Ingat-ingatlah alamat anda. Setelah Imigrasi selesai, periksa pintu (gate) conveyor belt tempat bagasi anda diantar dengan melihat nomor pesawat dan asal penerbangan anda.
10. Tetap terhubung dengan keluarga
Anda tentu saja tidak ingin ketinggalan informasi mengenai keadaan keluarga di rumah atau tanah air. Untuk tetap terhubung dengan tanah air, anda bisa saja menggunakan jasa roaming internasional, dengan resiko tagihan pulsa pasca bayar anda membengkak dan bila pulsa prabayar akan cepat habis. Sebaiknya, anda membeli kartu operator (simcard) di negara setempat dibandingkan membeli pulsa dari Indonesia. Anda juga lebih bisa menghemat dengan menggunakan fasilitas wifi di hotel atau tempat publik. Sebagai tambahan, daripada anda membuka aplikasi-aplikasi yang membutuhkan jaringan internet, lebih baik anda mengunduh aplikasi-aplikasi yang Anda butuhkan terlebih dahulu, misalnya offline map, ebook panduan perjalanan, dll.
11. Jaga kesehatan
Perhatikan selalu kesehatan tubuh dan jiwa anda. Pastikan jam tidur di perjalanan sudah terpenuhi dengan baik. Jaga agar minum cukup air, agar tubuh jangan dehidrasi. Cari makan makanan yang sehat, jangan sembarangan makan.  Anda yang sedang di liburan biasanya berjalan kaki ke mana-mana, hal ini sudah mencakup latihan fisik sehari-hari. 

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung