Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 16, 2016

Tips Mudah Merencanakan Perjalanan Liburan

Anda sudah memiliki banyak rencana dengan keluarga, teman-teman atau pacar. Hanya saja anda bingung, ternyata banyak sekali tempat menyenangkan yang sepertinya perlu dikunjungi. Tentu saja anda menyesal bila anda tidak jadi mengunjungi tempat wisata tersebut. Prioritas tentu penting dibuat untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin pada saat liburan, Kadang-kadang, walaupun rencana tidak berjalan semua, tetapi rencana yang bisa berjalan baik, akan memberikan kepuasan tersendiri. Berikut tips mudah merencanakan perjalanan liburan :
1. Pilih tujuan liburan
Memilih tujuan penting untuk mengambil keputusan seberapa besar uang yang perlu disisihkan dalam perjalanan. Dengan membuat keputusan tujuan yang jelas, Anda lebih cepat berkomitmen, sehingga perencanaan lebih mudah, cepat dan tepat. Menetapkan tujuan destinasi, juga dapat menentukan langkah-langkah apa yang hendak dilakukan dalam perjalanan. Banyak orang hanya berniat berlibur, tapi ternyata tidak benar-benar berangkat.

2. Cocokkan jadwal Anda
Atur jadwal liburan di depan untuk menemukan tanggal yang baik dan hari libur yang panjang. Penentuan waktu libur secepatnya tidak hanya akan membantu mempersempit pilihan Anda, tetapi juga membantu Anda mencari lebih cepat. Jika Anda sudah mulai liburan, coba tetap cek tawaran di menit terakhir, bisa jadi hari keberuntungan Anda dan mungkin Anda bisa mendapatkan kesepakatan diskon lebih untuk tujuan Anda.
3. Manfaatkan bonus kartu kredit untuk perjalanan

Beberapa kartu kredit memberikan penawaran bonus poin dari jumlah mil penerbangan yang dapat ditukar dengan kamar hotel gratis. Bisa juga sebagai anggota kartu kredit yang baru, anda memperoleh bonus yang cukup banyak.   Hal ini bisa anda manfaatkan pada saat Anda sedang menghemat uang. Usahakan mencari kartu kredit khusus perjalanan, karena setiap diskon membuat perjalanan lebih murah. Jangan lewatkan membeli asuransi perjalanan dari perusahaan kartu kredit yang menawarkan layanan perlindungan asuransi. Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi.
4. Booking penerbangan
Bila anda telah memiliki kartu kredit, anda dapat menggunakan kartu tersebut untuk memesan penerbangan. Jika anda telah cukup bonus poin untuk ditukarkan menjadi tiket gratis penerbangan, sebaiknya anda lakukan segera karena poin tersebut ada masa berlakunya untuk dapat ditukarkan. Silakan cek di situs berikut untuk menemukan harga terbaik: skyscanner, google flight. Jangan lupa untuk memeriksa berat dan jumlah tas tangan serta bagasi maksimal yang diperbolehkan dibawa masuk ke dalam pesawat.


5. Booking penginapan atau akomodasi
Setelah Anda membeli tiket penerbangan, Anda dapat membooking akomodasi dengan harga murah dna diskon di situs-situs seperti Living Social, Expedia, Groupon. Anda juga bisa menyewa apartemen di situs seperti Airbnb. Alternatif lain, juga bisa dengan mendownload aplikasi untuk layanan booking akomodasi di handphone atau smartphone seperti agoda dan booking.
6. Rencanakan aktivitas
Setelah menentukan tujuan, anda dapat merencanakan kegiatan apa yang akan dilakukan di tempat tujuan wisata. Buat daftar itinerary tentatif tentang kegiatan yang akan dilakukan, termasuk biaya. Cari informasi online ke blog atau situs tujuan wisata. Rencanakan kegiatan Anda, sambil melakukan kegiatan memotret dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Di daerah tujuan wisata, anda dapat mencari informasi terlebih dahulu tentang kegiatan wisata yang anda inginkan, lalu anda dapat memesan kegiatan wisata tersebut.
7. Cari tahu kebiasaan atau budaya lokal
Untuk menghindari beberapa situasi memalukan dan tidak mengenakkan di luar negeri, cari tahu tip-tip mengenai kebiasaan atau budaya lokal setempat. Hormati budaya masyarakat di suatu tempat jika anda juga ingin dihormati. Jangan lupa mengecek pantangan dan larangan di negara tersebut.
8. Atur tagihan perjalanan menjadi otomatis
Atur pembayaran tagihan perjalanan menjadi otomatis untuk menghemat uang di jalan. Anda dapat membayar tagihan online secara otomatis dengan kartu kredit. Di beberapa negara, anda juga dapat berbelanja dengan menggunakan kartu debit ATM biasa yang berlogo visa atau master.
9. Packing barang-barang ringkas dan lengkap
Perhatikan cuaca di negara asal dan buat daftar barang-barang yang perlu dibawa seringkas mungkin. Daftar terutama memuat obat-obatan yang umumnya dibawa (pertolongan pertama), perlengkapan mandi, makanan ringan dan kebutuhan lainnya.

10. Nikmati perjalanan Anda
Nikmati setiap waktu pada saat liburan. Meskipun waktu penerbangan yang lama, nikmati waktu di penerbangan di pesawat terbang. Anda bisa mengisi waktu di penerbangan dengan mempelajari bahasa tujuan negara wisata. Minimal anda menguasai beberapa kosakata sehingga anda bisa berkomunikasi lebih baik dengan penduduk setempat.
11. Tetap terhubung dengan keluarga
Cari tahu bagaimana tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Sebelum perjalanan sebaiknya anda mencari tahu mengenai paket-paket komunikasi untuk jaringan handphone di negara tujuan wisata.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung