Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 17, 2016

Tips Memperoleh Hasil Potret Yang Bagus Dari Kamera Handphone

Banyak pemilik handphone atau smartphone pada saat ini memakai kamera handphone untuk berbagai tujuan. Kamera yang terinstalasi langsung dengan handphone meningkat penggunaannya karena sifatnya yang praktis dan mudah dipakai. Tapi banyak pemilik handphone tidak memanfaatkan fitur-fitur dalam handphone secara optimal padahal foto-foto yang dihasilkan bisa saja diperlukan untuk tujuan tertentu. Berikut beberapa tips untuk memperoleh hasil potret yang bagus dari kamera handphone :

1. Pelajari kamera handphone dan fitur-fiturnya
Dengan mempelajari kamera handphone dan fitur-fitur kamera anda, maka anda dapat memaksimalkan fungsi-fungsi yang ada pada kamera tersebut. Misalnya fitur fokus otomatis (autofocus) dapat anda aktifkan sehingga hasil potretan anda akan lebih kelihatan fokus pada objek yang anda inginkan. Semakin banyak anda berlatih semakin bagus hasil potretan anda.

2. Cegah bidikan objek kabur

Untuk mencegah hasil foto kabur, sewaktu anda hendak memotret, usahakan agar tangan atau badan tetap stabil atau tidak goyang diikuti dengan konsentrasi penuh. Lakukan dengan menahan napas sebentar sesaat sebelum menekan tombol handphone. Tekan jari anda pada tombol capture. Lihat perbedaan hasil bidikan setelah anda mempraktekkan tips pemotretan ini.


3. Aktifkan fitur rule of third atau framing grid di handphone
Rule of third atau framing grid adalah kotak-kotak yang berjumlah 9 yang membantu penempatan posisi objek foto di lensa. Dengan mengaktifkan fitur rule of third di kamera, kita dapat mengetahui posisi objek apakah terlalu ke atas, terlalu ke bawah, terlalu menyamping, dan sebagainya.
4. Perhatikan jarak ke objek foto
Sejumlah handphone atau smartphone memang mendukung fitur zoom atau pembesaran sama seperti fitur yang terdapat pada kamera biasa. Untuk mengambil foto dengan tepat, anda harus memperhatikan jarak ke objek foto. Apabila memungkinkan anda dapat mendekat ke subjek tersebut apabila ingin memperoleh hasil potret yang lebih jelas. Penggunaan fitur zoom bisa juga diterapkan, tetapi terdapat resiko kualitas dan resolusi subjek dapat menurun.
5. Instal aplikasi untuk edit foto
Silakan download aplikasi edit foto dari handphone atau smartphone. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis dan berbayar. Bagi pemula, aplikasi gratis seperti PicsArt sudah cukup memuaskan. Aplikasi berbayar biasanya dilengkapi fitur-fitur mengedit foto lebih lengkap.
ikon pengolah gambar PicsArt
Anda juga bisa memindahkan foto dari smartphone atau handphone ke komputer yang tentu saja lebih merepotkan. Anda bisa mengedit foto dengan software sederhana bawaan window seperti Paint, atau software yang gratisan seperti Picasa.
6. Lensa kamera handphone harus bersih
Jika kamera tampak blur, jangan-jangan penyebabnya lensa yang kotor. Coba cek lensa kamera di handphone atau smartphone anda. Bersihkan lensa yang terlihat kotor. Bisa jadi penyebab lensa kotor yaitu minyak, lemak atau cap jari.


Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung