Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 17, 2016

Tips Mengamankan Barang Berharga Yang Ditinggal Di Hotel

Hotel, terutama yang kategori empat dan lima bintang menyediakan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Di kamar hotel biasanya juga tersedia brankas/peti besi, pintu elektronik dan lift dengan kartu elektronik khusus. Penjaga keamanan dan kamera selalu beroperasi 24 jam untuk memastikan keadaan terkendali aman.

Namun, tetap saja bisa terjadi kejadian buruk dimana anda mengalami kehilangan barang. Ikuti beberapa tips berikut untuk mengamankan barang berharga yang ditinggal di hotel pada saat anda sedang berjalan-jalan:

! Jika hotel yang anda tinggali memiliki brankas/peti besi dalam kamar, gunakan dan simpan semua barang-barang berharga Anda di dalam brankas/peti besi.
! Lakukan cara berikut untuk brankas elektronik : bersihkan tombol sentuh dengan kain atau tisu sedikit basah. Kemudian keringkan sebelum memasukkan kode rahasia Anda. Lakukan setiap kali Anda masuk ke brankas elektronik.
Setelah Anda memasukkan kode brankas/peti besi, pastikan pintu brankas tertutup kuat. Tekan semua kunci lain asal-asalan yang bukan kode kunci brankas. Tentu saja hal ini bisa memicu bunyi alarm yang kecil tapi akan berhenti dengan cepat dan tidak ada yang tetangga di sekitar kamar hotel yang peduli.

Ada terdapat kasus dimana pihak keamanan hotel telah berhasil menangkap staf hotel nakal yang memberikan residu minyak atau bubuk ke tombol sentuh brankas. Pelaku tersebut dapat melihat tombol mana yang ditekan, dengan menggunakan senter di permukaan brankas. Pelaku sengaja mengambil hanya US $ 1 atau US $ 2 dari setiap kamar hotel, sehingga tamu tidak menyadari kehilangan uang. Memang kelihatan tidak banyak, tapi di satu hotel dengan kamar sebanyak 400 atau 500, pelaku berhasil mengeruk uang banyak dari kejahatannya.
! Jangan pernah meninggalkan barang berharga di tas dengan material tipis dan lembut walaupun jika tas digembok.
! Jangan pernah mabuk dan mengundang orang asing masuk ke dalam kamar Anda. Hal ini tampaknya aneh, tetapi lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal.

Dikutip dari: http://www.alltraveltips.com/traveltips.shtml

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung