Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Feb 17, 2016

Apa Saja Isi Daftar Barang-barang Yang Perlu Anda Bawa Dalam Perjalanan?

Anda dapat membuat daftar barang-barang yang anda butuhkan tergantung dari kebutuhan pribadi. Beberapa daftar barang-barang dibawah, ada beberapa yang mungkin anda butuhkan dan ada yang tidak anda butuhkan. Anda dapat memodifikasi daftar barang-barang tersebut sesuai kebutuhan anda. Berikut daftar barang-barang yang perlu anda bawa dalam perjalanan :
Tentu saja anda membawa pakaian. Sesuaikan pakaian yang rencananya dibawa dengan keadaan cuaca dan iklim di daerah dan negara tujuan.
Asesoris atau perlengkapan pakaian. Jangan lupa membawa perlengkapan atau asesoris pakaian untuk menghadapi berbagai macam cuaca dan iklim. Misalnya di musim panas sebaiknya membawa barang-barang seperti lotion nyamuk musim panas, topi penahan panas, lotion penahan UV, dll. Di musim dingin sebaiknya membawa syal, sweater, jaket, topi dan kaus kaki tebal, dll. Anda dapat memilih membawa atau meninggalkan pakaian favorit tergantung cuaca dan iklim.
Silakan membaca artikel 'Tips Memilih Pakaian Yang Perlu Dibawa'

Elektronik. Anda tidak perlu merasa tidak aman pada saat membawa barang atau gadget elektronik anda seperti telepon/iPod/iPad/tablet. Karena ini liburan anda, nikmati saat bersantai anda dengan membawa gadget kesayangan anda. Bawa barang-barang elektronik tersebut dalam saku anda atau tas tangan yang langsung anda bawa kemana-mana. Sebaiknya jangan bawa barang-barang elektronik dalam tas yang dimasukkan pada saat check in karena ada kemungkinan tas bisa hilang atau terlambat, situasi yang berada di luar kendali Anda.


Charger (colokan). Jika Anda membawa elektronik, Anda akan memerlukan charger. Anda perlu mempelajari colokan listrik di negara tujuan wisata anda. Anda bisa membeli international travel charger bila ternyata colokannya berbeda daripada di Indonesia. Contoh charger barang-barang elektronik yang perlu anda bawa yaitu smartphone atau handphone charger, power bank charger, kamera charger dan traveler charger.
Tas atau kantong plastik. Tas atau kantong plastik biasa perlu dibawa, lebih lagi jika terdapat resleting pada tas plastik. Kantong ini berguna untuk memisahkan barang-barang seperti sepatu, pakaian kotor, atau apa pun berpotensi kotor atau mudah tumpah.
Makanan. Bawa beberapa makanan ringan (snack) atau makanan kering seperti kerupuk, keju, roti, buah, kacang atau dendeng. Jika anda memperoleh sarapan pagi gratis di hotel, anda juga dapat mengambil snack untuk cemilan siang atau malam.
Perlengkapan mandi secukupnya. Kebanyakan hotel memang menyediakan sabun mandi, sampo, kondisioner, sikat gigi dan body lotion untuk layanan kamar. Untuk kamar standar double, biasanya perlengkapan mandi juga disediakan dua pasang. Jika anda membawa keluarga bawa perlengkapan mandi secukupnya karena pihak hotel kadang-kadang susah dimintai tambahan. Ada juga beberapa hotel yang tidak menyediakan perlengkapan mandi. Jadi bawa perlengkapan mandi secukupnya, sekedar jaga-jaga.
Tisu anti bakteri. Terdapat laporan yang mengatakan sebagian besar kuman banyak bersarang di pesawat terutama di sandaran kursi dan di tray makanan. Jika anda kuatir dengan masalah kebersihan, ambil tisu anti bakteri dan lap bagian-bagian yang anda rasa perlu.
Salinan dokumen penting. Bawa salinan dokumen-dokumen penting di dalam perjalanan. Anda dapat membawa beberapa dokumen dalam berkas-berkas fotocopi atau bisa juga anda men scan/pindai terlebih dahulu dokumen penting tersebut. Hasil dokumen yang dipindai dapat disimpan dalam bentuk JPEG atau PDF di handphone atau smartphone yang anda bawa. Bisa juga anda kirim ke email pribadi lalu bisa anda download pada saat membutuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi bila paspor anda hilang atau dicuri.

Simpan alamat-alamat penting. Misal menyelipkan tulisan di dompet tentang alamat hotel tempat menginap, alamat kedutaan besar, nomor kontak kerabat bila terjadi keadaan emergency.
Obat-obatan pribadi. Anda perlu membawa persediaan obat-obatan yang biasa anda pakai di Indonesia. Anda kemungkinan besar susah memiliki akses ke apotik dan rumah sakit di luar negeri, selain juga kendala bahasa untuk berkomunikasi.
Perlengkapan ibadah. Jangan lupa membawa mukena, tikar solat, kompas dan lain-lain. Di negara-negara non muslim, anda akan susah menjumpai barang-barang tersebut jika anda lupa membawa dan niat membeli.
Simpan barang-barang berharga dan penting di tas tangan. Lebih baik anda jangan menyimpan barang-barang berharga dan penting di bagasi atau koper yang masuk pada saat check in. Anda tidak tahu apakah ada kejadian yang tidak disangka-sangka misalnya koper atau bagasi yang hilang. Disarankan agar anda membawa semua barang penting dan berharga ke dalam tas tangan.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung