Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

May 1, 2016

Apa Saja Tempat Paling Kotor Di Pesawat?

Memang benar maskapai penerbangan telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga armada pesawat tetap bersih, akan tetapi dengan waktu penerbangan yang padat tidak memungkinkan pihak maskapai untuk membersihkan setiap area atau tempat di dalam pesawat di setiap saat.
Anda sebagai pengguna tentu bertanya di mana tempat yang paling kotor di pesawat?
Menurut suatu studi yang dilakukan oleh seorang ahli mikrobiologi dari Travel Math, meja nampan di belakang kursi merupakan tempat bakteri paling banyak berkembang. Di studinya, ahli mikrobiologi tersebut mengumpulkan sampel bakteri di meja nampan dari empat pesawat yang berbeda-beda. Dia menemukan rata-rata 2.155 koloni per unit inci persegi terdapat meja nampan.

Dibandingkan pengambilan sampel pada tombol siram WC di area WC ditemukan hanya terdapat rata-rata 265 koloni per unit inci persegi, sehingga bisa disimpulkan meja nampan merupakan tempat yang paling jorok di pesawat.

Mendukung penelitian yang disebutkan sebelumnya, di situs Drexel Medicine disebutkan tempat yang paling banyak kuman yaitu toilet atau kamar mandi pesawat. Toilet berbagi dengan banyak penumpang merupakan tempat berkembang biak yang paling subur bagi bakteri seperti E. coli.
Para ahli kesehatan menyarankan agar penumpang jangan langsung menyentuh apa pun dengan tangan di daerah wc. Sebaliknya, penumpang disarankan menggunakan handuk kertas (paper towel) saat menyentuh keran atau tutup toilet duduk.
Menurut Drexel, area lain yang perlu dihindari penumpang yaitu kantong sandaran di belakang kursi pesawat. Penumpang memasukkan berbagai barang ke dalam kantong sandaran di belakang kursi pesawat. Anda mungkin tidak menyadari, kantong pesawat menjadi tempat sampah sementara bagi penumpang, contohnya tisu kertas, plastik makanan bahkan pembalut (diaper) bayi.
Kesimpulan ini didukung oleh studi yang dilakukan Universitas Auburn yang menemukan bakteri dapat bertahan di kantong belakang kursi hampir selama seminggu.



Selain itu, area lain yang perlu diperhatikan, tentu saja barang yang berada di dalam kantong belakang yaitu majalah pesawat. Anda biasanya iseng mengambil majalah di dalam pesawat. Sebagaimana penumpang lain juga iseng memegang majalah yang lalu diikuti dengan membolak balikkan halaman majalah. Majalah tersebut dibersihkan tentu saja setelah majalah tersebut diganti dengan terbitan yang terbaru.
Jika memungkinkan lebih baik anda membawa bahan bacaan anda sendiri sebagai pengganti majalah pesawat karena lebih bersih.


Feb 28, 2016

Apakah Aturan Bagasi Kabin (Carry On) Yang Boleh Dibawa Penumpang?



Yang dimaksud bagasi kabin ialah barang yang dibawa oleh penumpang dan berada dalam pengawasan penumpang sendiri. Sesuai peraturan pemerintah, Anda diperbolehkan membawa 1 tas bagasi dengan ukuran maksimum 58 cm x 46 cm x 23 cm. Bagasi ini tidak boleh lebih berat dari 7 kg. Sebagai tambahan, anda boleh membawa secara khusus kotak kosmetik atau laptop. Yang paling penting anda juga diperbolehkan membawa 1 tas tangan pribadi.

Aturan ini berbeda-beda setiap maskapai dengan ketentuan tidak boleh melebihi batas maksimal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah di atas.

Apa Yang Terjadi Jika Bagasi Anda Terlambat Datang Atau Hilang?

Sebelum anda meninggalkan bandara sebaiknya anda mengajukan komplain keterlambatan bagasi. Komplain anda wajib diselesaikan oleh maskapai penerbangan paling lambat dalam waktu 14 hari bila ternyata bagasi anda hilang. Jika anda buru-buru, anda tetap dapat mengajukan komplain setelah keluar dari bandara.

Sebelum anda meninggalkan bandara sebaiknya anda mengajukan komplain keterlambatan bagasi. Komplain anda wajib diselesaikan oleh maskapai penerbangan paling lambat dalam waktu 14 hari bila ternyata bagasi anda hilang. Jika anda buru-buru, anda tetap dapat mengajukan komplain setelah keluar dari bandara.

Caranya ialah anda datang ke kantor Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang (Lost & Found) untuk mengajukan komplain keterlambatan bagasi. Anda akan diminta menunjukkan identitas diri, boarding pass atau tiket. Setelah itu anda perlu mengisi formulir keluhan. Pada formulir keluhan anda perlu mengisi jenis keluhan, kronologis kejadian, tuntutan anda sebagai penumpang, tanda tangan pengesahan.

Pastikan anda telah menerima tanda terima dari petugas Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang bahwa anda telah melaporkan kejadian keterlambatan bagasi. Bagasi terlambat yang tidak pernah tiba dapat dikategorikan hilang. Kadang-kadang, ada beberapa kasus, bagasi yang hilang diganti dengan uang.

Apakah Yang Dilakukan Jika Bagasi Anda Ternyata Rusak Dalam Penerbangan?

Sebelum anda meninggalkan ruang kedatangan, selalu pastikan bagasi anda dalam kondisi baik. Jika anda jumpai kerusakan dalam penerbangan, laporkan kerusakan ke kantor Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang (Lost & Found).

 Petugas Penanganan Kehilangan dan Penemuan Barang akan berusaha memperbaiki kerusakan, bila masih bisa diperbaiki. Jika tidak bisa, ada kemungkinan bagasi anda akan diganti dengan yang baru.


Jika anda sudah meninggalkan ruang ketibaan dan anda baru menyadari terjadi kerusakan bagasi setelah tiba di rumah, anda tetap dapat mengajukan komplain. Komplain anda wajib diselesaikan oleh maskapai penerbangan paling lambat dalam waktu 14 hari. Hanya saja dokumen komplain tidak dapat dijadikan bukti di kemudian hari.



Bagaimana Bila Anda Membatalkan Tiket Penerbangan?

Seringkali anda sudah membeli tiket dari jauh-jauh hari, dikarenakan suatu hal, anda tidak jadi berangkat. Anda tidak tahu harus berbuat apa, karena tiket yang anda beli ternyata tiket promo yang tidak bisa dibatalkan. Tentang hal ini, anda yang suka bepergian dengan pesawat terbang sepantasnya senang dengan aturan pemerintah yang terbaru. Aturan ini dimuat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dengan adanya aturan terbaru dari Pemerintah ini, maskapai penerbangan memiliki kewajiban mengembalikan uang calon penumpang yang membatalkan penerbangan. Aturan ini berlaku untuk seluruh jenis kelas penerbangan dan bentuk tiket. Baik anda membeli tiket jenis kelas ekonomi, bisnis, maupun anda membeli bentuk tiket promo atau normal, anda berhak mendapatkan pengembalian uang bila anda membatalkan tiket. Aturan ini mulai sah bulan November 2015 dan sudah berlaku akhir Januari 2016.
Mekanisme pengembalian uang calon penumpang bila membatalkan keberangkatan penerbangan sebagaimana berikut :
1. pembatalan di atas 72 jam sebelum jadwal keberangkatan oleh penumpang, mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 75 persen dari tarif dasar.
2. pembatalan di bawah 72 jam sampai dengan 48 jam mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 50 persen dari tarif dasar.
3. pembatalan di bawah 48 jam sampai dengan 24 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 40 persen dari tarif dasar.
4. pembatalan di bawah 24 jam sampai dengan 12 jam mendapatkan pengembalian paling sedikit 30 persen dari tarif dasar.
5. pembatalan di bawah 12 jam sampai dengan 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit 20 persen dari tarif dasar.
6. pembatalan di bawah 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 10 persen dari tarif dasar dan/atau sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan.
menunggu penumpang menaiki pesawat
Untuk kondisi force majeur, penumpang dapat meminta pengembalian jasa angkutan udara sebesar harga tiket yang dibeli penumpang yang dikurangi biaya administrasi tertentu. Aturan ini berlaku dengan ketentuan pemotongan biaya administrasi sebesar :
a. 20 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan full service.
b. 15 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan medium service.
c. 10 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan no-frills.

Maskapai penerbangan berkewajiban melakukan pengembalian uang tiket selambat-lambatnya 15 hari kerja sejak pengajuan untuk pembelian tiket secara tunai. Sedangkan untuk pembayaran tiket online dan tiket langsung dengan kartu kredit atau debit selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak tanggal pengajuan untuk pembelian tiket.
Kenali hak anda, dan silakan klaim jika anda anggap perlu.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung