Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Jan 10, 2016

Apa Yang Anda Lakukan Jika Ketinggalan Pesawat?

Jika masalah penerbangan bukan karena kesalahan Anda contohnya penundaan cuaca buruk, masalah mekanis, maka maskapai penerbangan akan mengurus Anda.
Jika kesalahan Anda karena menunda berangkat ke airport atau lalu lintas yang buruk, lalu Anda ketinggalan pesawat, anda dapat melakukan berbagai hal berikut :
Segera hubungi maskapai. Jika Anda tahu Anda akan ketinggalan penerbangan, telepon maskapai penerbangan tersebut ASAP. Aturan maskapai bervariasi untuk penerbangan di seluruh dunia. Cek website maskapai agar tahu lebih spesifik. Anda harus menelepon. Jika tidak, dampaknya Anda akan kehilangan seluruh biaya tiket. Panggilan atau komunikasi dengan pegawai dari maskapai bisa membuat tiket tetap berlaku, tetapi Anda mungkin harus membayar biaya perubahan ditambah biaya tambahan. Jika Anda tidak yakin akan terbang, tetap telepon maskapai tersebut. Jika Anda sampai ke bandara di saat yang tepat, pegawai maskapai mungkin dapat menyediakan jalan yang mudah ke pintu gerbang. Hanya saja kejadian tersebut jarang terdengar kecuali anda seorang selebriti.
Berbicara dengan agen perjalanan. Setelah Anda menelepon maskapai dan tiba di bandara, hubungi agen perjalanan. Anda mungkin dapat dipindahkan ke penerbangan lain dengan posisi menunggu. Bisa juga agen dapat menemukan kursi bagi anda di pesawat lain. Anda dapat bertanya tentang biaya perubahan yang gratis, tetapi permintaan tersebut jarang diberikan apalagi untuk pengembalian tiket.

Silakan baca artikel terkait 'Bagaimana Bila Anda Membatalkan Tiket Penerbangan?'

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan terbaru No 185 tahun 2015, pembatalan tiket di bawah 4 jam oleh penumpang mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 10 persen dari tarif dasar atau sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan.
Jika anda sebagai penumpang tidak jadi berangkat karena kondisi force majeur, penumpang dapat meminta pengembalian jasa angkutan udara sebesar harga tiket yang dikurangi biaya administrasi tertentu. Aturan ini berlaku dengan ketentuan pemotongan biaya administrasi sebesar masing-masing 20 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan full service, 15 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan medium service, dan 10 persen untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan no-frills.

Cara Menghindari Ketinggalan Penerbangan Berikutnya
Berangkat ke bandara lebih cepat. Perkirakan kemacetan lalu lintas, perkirakan ban bocor, perkirakan antrean panjang di jalur pemeriksaan keamanan.
Kontak maskapai dimasukkan ke dalam telepon. Dengan keberuntungan dan bangun pagi, Anda tidak perlu menelepon maskapai tapi pastikan Anda tetap memiliki nomor telepon maskapai. Jika Anda masuk dalam keanggotaan elit maskapai, masukkan nomor hotline di kontak telepon. Jangan terlalu berharap jika pada saat terlambat, anda tidak menelepon maskapai terlebih dahulu.



Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung