Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Jan 13, 2016

Tips Packing Muatan Koper Yang Lengkap, Ringan Dan Ringkas

Dengan perencanaan packing yang tepat anda dapat membawa semua barang yang dibutuhkan dengan lengkap. Barang-barang dibawa lebih ringan karena hanya barang penting yang dibawa. Anda juga mengetahui bagaimana cara menyusun barang dengan praktis dalam koper. Berikut beberapa tips agar tas koper berisi muatan yang lengkap, ringan dan ringkas:
1. Cek suhu dan cuaca di daerah tujuan liburan
Bila sudah, sesuaikan dengan barang-barang yang perlu dibawa seperti pakaian, perlengkapan, asesoris, dll. Anda tidak perlu membawa semuanya. Pilih yang anda anggap penting.
Silakan baca artikel terkait 'Tips Memilih Pakaian Yang Perlu Dibawa'.

Gunakanlah laundry, jika anda pandang perlu mencuci beberapa pakaian. Terdapat beberapa hostel atau guest house yang menyediakan mesin cuci dan pengering dengan koin sehingga lebih murah. Juga fasilitas menyeterika pakaian. Jika anda tidak mau membayar laundry, anda bisa mencuci dengan mengkucek-kucek pakaian yang ringan dan tipis atau pakaian dalam di kamar mandi.
2. Buat daftar barang-barang yang perlu dibawa
Anda dapat mulai merancang barang apa saja yang akan anda bawa dalam liburan. Buat daftar barang-barang yang perlu dibawa. Ternyata Anda masih belum memiliki barang tertentu yang dibutuhkan pada saat perjalanan liburan nanti. Kadang-kadang barang yang tidak terpikirkan sebelumnya, ternyata bisa merupakan barang penting dan baru ingat belakangan.
3. Gulung pakaian, jangan dilipat
Anda dapat menghemat ruang di tas atau koper dan mencegah pakaian kusut dengan cara menggulung pakaian bukan melipatnya. Karena dengan menggulung pakaian akan muat lebih banyak dalam ruang di koper atau tas Anda. Lipatan pakaian juga dapat dikurangi. Jadi nanti saat tiba di tempat tujuan, pakaian Anda masih rapi.
4. Jangan menyisakan ruang kosong dalam koper
Manfaatkan ruang kosong di koper anda secara efektif. Usahakan agar jangan menyisakan ruang kosong, misalnya sepatu yang dibawa masukkan koper, sisipkan kaos kaki atau barang kecil yang bisa muat di dalam sepatu.
Cara Packing Yang Efisien

5. Susun barang-barang dengan lapisan berbeda
Sebaiknya barang-barang di dalam koper disusun rapi dalam satu lapisan untuk memudahkan proses pemindaian di bandara oleh pihak berwenang. Misalnya susunan pakaian dalam satu lapisan, susunan pakaian dalam satu lapisan, dan susunan peralatan elektronik dalam satu lapisan, dan susunan makanan dalam satu lapisan. Hal ini akan memudahkan pihak layanan keamanan untuk memindai isi koper yang lewat di atas conveyor belt dengan jelas. Anda akan diuntungkan karena makin cepat pihak layanan keamanan memindai isi koper, maka makin cepat anda lewat dari gerbang pemeriksaan keamanan.
6. Cari tahu standar maksimal muatan koper 
Jika anda membeli tiket, anda diperbolehkan membawa muatan koper sesuai standar maksimal berat yang diberikan. Bila anda ingin membawa lebih dari standar maksimal berat yang diberikan, anda harus membayar lebih pada saat pembelian tiket. Oleh karenanya, coba cari tahu berapa standar muatan koper yang sudah masuk dalam harga tiket. Jangan sampai kelebihan muatan bagasi yang diberikan. Jika lebih, Anda akan dikenakan biaya tambahan per kg berat muatan, yang tentu saja sangat mahal.
7. Simpan barang-barang berharga dan penting di tas tangan
Lebih baik anda jangan menyimpan barang-barang berharga dan penting di bagasi atau koper yang masuk pada saat check in. Anda tidak tahu apakah ada kejadian yang tidak disangka-sangka misalnya koper atau bagasi yang hilang. Disarankan agar anda membawa semua barang penting dan berharga ke dalam tas tangan.

8. Bawa salinan dokumen penting
Bawa salinan dokumen-dokumen penting di dalam perjalanan. Anda dapat membawa beberapa dokumen dalam berkas-berkas fotocopi atau bisa juga anda men scan/pindai terlebih dahulu dokumen penting tersebut. Hasil dokumen yang dipindai dapat disimpan dalam bentuk JPEG atau PDF di handphone atau smartphone yang anda bawa. Bisa juga anda kirim ke email pribadi lalu bisa anda download pada saat membutuhkan.
9. Bawa obat-obatan pribadi
Anda perlu membawa persediaan obat-obatan yang biasa anda pakai di Indonesia. Anda kemungkinan besar susah memiliki akses ke apotik dan rumah sakit di luar negeri, selain juga kendala bahasa untuk berkomunikasi.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung