Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Jan 12, 2016

Tips Rumah Tetap Aman Saat Liburan

Kuatir rumah dibobol maling karena ditinggalkan dalam keadaan kosong, anda jadi memilih tidak berlibur. Sayang sekali waktu liburan yang bisa dimanfaatkan dengan baik, jadi sia-sia begitu saja. Tetapi anda dapat mengikuti tips berikut agar rumah tetap aman pada saat liburan:
Fotokopi dokumen penting. Jangan lupa untuk menyimpan berbagai dokumen berharga seperti KTP, ijazah, passport, akta keluarga, dan lainnya di tempat yang aman misalnya di lemari besi. Dianjurkan untuk memfotokopi dokumen berharga tersebut. Jika pergi berlibur, jangan lupa membawa fotokopi dokumen penting seperti KTP, SIM untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bila ke luar negeri, fotokopi paspor anda.


Cek kembali semua pintu dan jendela apakah telah terkunci dengan benar. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah semua pintu dan jendela sudah terkunci. Cek juga pintu lemari tempat barang-barang berharga. Sembunyikan kunci lemari tempat barang berharga atau pintu di suatu tempat yang anda biasa lakukan. Jangan biarkan kunci tersebut berada dalam posisi tergantung. Pilihan lain, anda juga bisa membawa serta kunci lemari atau pintu bersama anda.
Ikuti tip berikut Tips Agar Tidak Lupa Mengunci Pintu Atau Jendela

Cabut colokan peralatan listrik pada saat bepergian. Jangan lupa untuk mencabut semua colokan peralatan listrik yang tidak digunakan, seperti televisi, Personal Computer (PC), pompa air atau AC, dll. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat arus pendek. Tidak dianjurkan mematikan kulkas, bila masih ada bahan makanan di dalamnya.
Cek kompor dan tabung gas. Jangan lupa juga untuk mengecek kompor di dapur apakah sudah dalam keadaan mati. Cek juga tabung gas apakah sudah tertutup rapat.
Gunakan lampu dengan sensor cahaya. Lampu sensor cahaya Anda dapat menggunakan lampu sensor cahaya di teras rumah untuk memberi kesan rumah sedang tidak berada dalam keadaan kosong. Lampu sensor cahaya akan otomatis menyala dalam suasana gelap/malam hari, dan akan mati saat suasana terang/pagi, sehingga lebih hemat energi dan lebih hemat biaya.
Jangan menyimpan barang berharga di rumah. Jika Anda menyimpan uang tunai dalam jumlah besar, emas batangan, perhiasan, ataupun barang-barang berharga lainnya di rumah, maka sebaiknya Anda titipkan pada penyimpanan Bank.


Jika anda berlangganan koran, infokan jangka waktu liburan anda. Tukang koran biasanya akan melemparkan koran ke teras rumah sehingga koran-koran tersebut kelihatan menumpuk di teras. Orang yang bermiat tidak baik akan tahu bahwa rumah sedang ditinggalkan pemiliknya. Hubungi tukang koran untuk menghentikan kegiatannya selama anda liburan. Bila tidak merepotkan tetangga, bisa juga koran dititip ke tetangga Anda.
Infokan Pada Tetangga atau Satpam/Hansip. Sebelum pergi berlibur, pamitlah kepada tetangga Anda dan infokan jangka waktu liburan. Anda juga dapat memberitahu hansip/satpam yang menjaga daerah sekitar tempat tinggal. Dengan demikian, mereka dapat membantu mengawasi rumah Anda.
Trik Agar Rumah Tidak Kelihatan Kosong. Beri kesan rumah masih ditinggali. Anda bisa menaruh sandal murah di depan pintu untuk memberi kesan rumah masih ditinggali.

Nyalakan lampu di malam hari. Dianjurkan untuk tetap menyalakan satu atau dua buah lampu di dalam rumah agar bagian dalam rumah tidak terlalu kelihatan gelap gulita di malam hari.
Titipkan hewan peliharaan Anda. Jika memiliki hewan peliharaan, titipkan hewan peliharaan selama berlibur supaya ada yang merawat hewan kesayangan anda. Saat ini sudah ada cukup banyak tempat penitipan hewan.
Jangan meninggalkan rumah dalam kondisi kotor dan berantakan. Sebelum berlibur, bersihkan dan rapikan rumah. Sehabis berlibur, anda akan merasa lelah sehingga energi untuk beberes rumah juga habis. Pastikan tidak ada makanan tertinggal yang terbuka di meja atau tempat lain. Jangan tinggalkan piring atau gelas kotor di bak cuci. Tutup rak piring yang terbuka dengan kain serbet untuk mencegah kotoran debu. Furnitur seperti sofa dan meja bisa juga ditutup dengan lembaran plastik atau kain agar mencegah lapisan kotoran debu setelah ditinggal cukup lama.
Cek kondisi rumah secara berkala. Jika Anda memiliki pembantu rumah tangga atau meminta bantuan seseorang untuk menjaga rumah selama berlibur, ingat untuk sesekali menelepon ke rumah untuk mengecek apakah semuanya dalam kondisi aman.z
Jangan mengupdate status liburan di sosial media. Dianjurkan untuk tidak memposting liburan anda dengan seluruh keluarga di facebook, twitter, atau media sosial lainnya bila tidak ada yang tinggal di rumah atau rumah hanya dijaga oleh pembantu. Untuk menghindari orang-orang yang berniat tidak baik yang dapat memanfaatkan informasi bila rumah seseorang sedang tidak berpenghuni, cobalah untuk tidak memberikan informasi di sosmed secara mendetail. Anda masih dapat memposting foto-foto liburan di sosial media setelah pulang dari liburan.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung