Situs yang menyediakan informasi mengenai Perjalanan Cerdas atau Smart Travel.

Jan 12, 2016

Tips Tetap Nyaman Pada Penerbangan Dengan Waktu Yang Lama

Anda yang pernah mengalami penerbangan dengan waktu berjam-jam lamanya tentu saja pernah merasakan terperangkap di pesawat karena posisi yang berada dalam pesawat tidak leluasa bergerak ke mana-mana. Dibandingkan dengan perjalanan darat, apabila anda lelah anda bisa beristirahat di pinggir jalan serta anda dapat merenggangkan tubuh dan kaki sebentar. Bagaimana anda menikmati perjalanan tanpa merasa bosan dan tidak nyaman tentu saja dapat anda rencanakan sebelumnya. Berikut tips agar tetap nyampan pada saat penerbangan dengan waktu yang lama :

1. Posisi tempat duduk dapat menentukan tingkat kenyamanan. 
Bagaimana Anda memperoleh posisi tempat duduk di pesawat dapat menentukan tingkat kenyamanan apalagi dalam perjalanan dengan waktu yang lama. Bila anda mengalami ketidaknyamanan pada saat penerbangan jauh, waktu akan terasa lebih lama dari sesungguhnya dan menjadi bagian dari pengalaman penerbangan anda yang buruk.
Kalau anda sering bolak-balik ke toilet atau anda ingin berjalan-jalan di lorong pesawat, silakan pilih tempat duduk di gang (aisle seat). Pemilihan tempat duduk di gang tidak akan membuat segan dan malu karena tidak mengganggu orang di sebelah Anda bila hendak bolak-balik ke toilet. Apabila anda terlalu lama pada posisi duduk, anda dapat melepas kebosanan atau meregangkan kaki dan badan dengan berjalan-jalan di gang atau lorong pesawat. Bagi penumpang yang memiliki kaki panjang tentu saja duduk di gang lebih melegakan dibandingkan dengan posisi tempat duduk lain. Sebaiknya jangan memilih tempat duduk di tengah (middle seat) yang diapit oleh dua penumpang lain. Anda bisa membayangkan berbagi atau malah berebut senderan tangan sepanjang perjalanan dengan dua penumpang lain yang mengapit Anda.
Tempat duduk dekat jendela (window seat) cocok digunakan untuk beristirahat. Dinding bagian dalam pesawat dapat dijadikan sebagai salah satu alat sandaran ketika istirahat atau tidur. Selain itu posisi tidur yang lain tentu saja dengan menyandarkan badan ke kursi. Disarankan juga jangan memilih tempat duduk yang dekat dengan toilet apabila tidak ingin mencium bau buka tutup toilet selama perjalanan Anda yang lama.

2. Buat anda senyaman mungkin pada saat tidur.
Istirahat sangat penting bagi anda pada saat menempuh penerbangan jauh dan waktu yang lama. Anda tentu saja tidak ingin sakit bila kurang tidur. Karenanya ciptakan kondisi anda agar senyaman mungkin. Persiapkan baju hangat dan baju lebih tebal karena pendingin udara di pesawat biasanya dingin apalagi di malam hari. Apabila memungkinkan kenakan baju yang longgar untuk menambah kenyamanan istirahat. Biasanya fasilitas tidur seperti selimut, penutup mata dan sumbat telinga dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda dapat tidur tanpa gangguan. Ada juga penumpang yang minum obat tidur jenis herbal atau resep agar dapat membantu tidur yang nyaman selama penerbangan. Silakan pilih yang terbaik agar dapat membantu anda beristirahat dengan baik di perjalanan.
3. Minum agar tidak dehidrasi. 
Kebanyakan penumpang pesawat tidak menyadari tubuh dapat kekurangan cairan atau dehidrasi karena tidak minum yang cukup sepanjang perjalanan penerbangan. kelembaban udara di dalam pesawat hanya sekitar 10 – 20%, Sedangkan Kelembaban udara normal yang berasal dari negara tropis biasanya mencapai 70 – 80%. Mikroorganisme terutama bakteri dapat bertahan hidup lebih lama di udara yang memiliki kelembaban tinggi. Udara dalam pesawat biasanya udara resirkulasi. Kita rentan tertular penyakit menular karena udara yang kita hirup adalah udara yang keluar masuk dari saluran pernapasan penumpang lain yang mungkin mengandung bakteri penyebab penyakit. Karena hal tersebut, pesawat udara dikondisikan memiliki kelembaban udara rendah agar dapat mencegah penularan penyakit melalui udara.
Kelembaban udara yang rendah membuat tubuh lebih cepat dehidrasi, sehingga dianjurkan minum air yang banyak. Anda bisa meminta air minum kepada pramugari berkali-kali karena memang gratis. Jangan terlalu banyak minum minuman beralkohol karena dapat memperparah dehidrasi. Apabila Anda menggunakan penerbangan low cost, perlu diingat biasanya air mineral tidak gratis. Ingatkan diri anda untuk membeli air minum di terminal sebelum masuk ke pesawat.

4. Cari kesibukan. 
Apabila anda sedang terjaga atau tidak tidur, manfaatkan waktu dengan memilih kegiatan menyenangkan yang dapat anda lakukan untuk mengusir kebosanan anda. Anda bisa menonton hiburan yang ditawarkan penerbangan (in-flight entertainment system). Apabila anda tidak puas, anda dapat mengisi gadget anda sebelum berangkat dengan film lepas pilihan, serial TV favorit, permainan atau ebook yang diinginkan. Anda dapat membaca ebook online dengan gadget atau alat pembaca ebook khusus seperti kindle, yang biasanya lebih mengurangi beban daripada buku biasa. Yang lebih suka membaca buku, bisa membawa 1 atau 2 buku favorit. Yang hobi mendengarkan musik atau ingin mendengarkan suara film lebih jernih, beli headphone dengan kualitas bagus yang memiliki fitur “noise cancelling” yang sangat membantu agar dapat menikmati aktivitas menonton tanpa terganggu lingkungan sekitar.


5. Menyegarkan diri.
Setelah anda beristirahat cukup, menghabiskan waktu lama di perjalanan, atau hendak sampai di tujuan, anda dapat menyegarkan diri. Ambil sikat gigi, pasta gigi, sisir dan tissue basah sebagai persiapan membersihkan diri. Dengan menyegarkan diri anda menjadi bersemangat dan tidak terlalu bosan memikirkan perjalanan yang belum sampai ke tujuan.

Search

Popular Posts

Sanggahan

Situs ini hanya penyedia informasi dan TIDAK bertanggung jawab apabila ada kesalahan informasi dan kerugian yang ditimbulkan karenanya

Total Pengunjung